Spider Man keluar dari Marvel Cinematic Universe
Spider Man keluar dari Marvel Cinematic Universe

Salah satu karakter superhero Marvel Cinematic Universe, Spider Man resmi hengkang dan meninggalkan ‘rumah’. Keputusan besar ini terjadi lantaran tidak ditemukannya kesepakatan antara pihak Sony Pictures dengan Disney. Kabar yang mengejutkan ini pun sontak mengundang netizen melakukan aksinya di sosial media. Sebuah tagar yang berbunyi #SaveSpiderMan pun berkumandang.

Perselisihan antara rumah produksi Sony Pictures selaku pemegang lisensi atas Spider Man kembali mencuat. Kali ini perselisihan antara Sony Pictures dengan Disney nampaknya sudah mencapai titik akhir kesepakatan. Spider Man dinyatakan hengkang dari produksi Disney dan juga Marvel Cinematic Universe.

Sebelumnya kedua belah pihak sudah melakukan negosiasi untuk kontrak terbaru. Namun, pedebatan antara Sony Pictures maupun Disney menjadi berkepanjangan. Perdebatan ini pun membuat Presiden dari Marvel Studios, Kevin Feige, kesal.

Salah satu sumber masalah yang terjadi antara keduanya adalah tentang biaya produksi. Pihak Disney menginginkan Sony Pictures turut mendanai biaya produksi yang selama ini dilakukan oleh pihak Disney dan MCU. Disney meminta biaya produksi dibagi secara rata, yakni 50:50.

Spider Man keluar dari Marvel Cinematic Universe
Spider Man keluar dari Marvel Cinematic Universe

Pihak Sony Pictures yang diwakili oleh Tom Rothman dan Tony Vinciquerra menolak kesepakatan tersebut. Sebagai pemegang lisensi atas Spider Man, Sony justru memberikan pilihan dan penawaran lain kepada Disney. Sayangnya, pihak Disney menolak tegas penawaran tersebut.

Baca juga: [Review] Film Angel Has Fallen (2019)

Sebagai pihak yang sejak awal sudah memproduksi Spider Man, Disney dan MCU sudah bekerja keras dan sudah mempersiapkan dua film sekuel dari superhero yang sedang laris ini. Namun, lantaran insiden perselisihan dan keluarnya Spider Man dari Marvel Cinematic Universe, kedua film tersebut mungkin saja akan batal di produksi.

Bukan hanya tanpa kesepakatan kerjasama itu saja, selama ini pihak Disney hanya menerima 5 persen dari pendapatan kotor film yang diproduksi bersama-sama. Jumlah yang tidak sebanding dengan pencapaian dan kesuksesan dari film-film Spider Man.

Pihak Sony mengucapkan terima kasih kepada pihak Disney atas kerjasamanya yang luar biasa dan juga mengungkap sedikit kekecewaan terhadap keputusan ini.

“kami kecewa, tapi menghormati keputusan Disney untuk membuatnya (Kevin Feige) tidak lagi melanjutkan sebagai produser utama dari film live-action Spider Man kami berikutnya. Kami berharap ini dapat berubah di masa depan. Kami berterima kasih atas bantuan dan bimbingannya serta menghargai jalan yang telah ia bantu lakukan untuk kami, yang akan kami teruskan,” kata pihak Sony.

Dengan hengkangnya Spider Man dari jagat Marvel Cinematic Universe, kelanjutan atau film lainnya dari Spider Man pun akan menggantung. Apakah nantinya Sony Pictures akan memproduksi sekuel film-film dari Spider Man? Ataukah kedua perusahaan besar ini akhirnya sepakat dan berdamai?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here