Kecanggihan teknologi membuat segalanya mudah. Semua kegiatan kini bisa dijalankan dalam segenggam telepon pintar. Tak mengherankan bila muncul banyak platform yang untuk memudahkan manusia. Peluang inilah yang dilihat oleh pemerintah Indonesia, mulai 1 Agustus mendatang, pelanggan Spotify dan Netflix akan dikenai pajak sebesar 10%.

Para pelanggan Spotify dan Netflix akan semakin merana mulai Agustus nanti, pasalnya pemerintah melalui Direktur Jendral (Dirjen) Pajak akan membebankan pajak pertambahan nilai (PPN) 10% kepada enam perusahaan global sebagai kriteria pemungut pajak atas barang atau jasa yang dijual kepada pelanggan di Indonesia. Peraturan ini akan resmi diberlakukan pada 1 Agutus mendatang.

Selain Spotify dan Netflix, ada empat perusahaan global lain yang tergabung dalam gelombang pertama yang akan dikenakan pajak untuk produk dan jasanya. Mereka juga telah menerima surat keterangan terdaftar dan nomor identitas perpajakan yang diantaranya:

  • Amazon Web Services Inc.
  • Google Asia Pacific Pte. Ltd.
  • Google Ireland Ltd,. Dan
  • Google LLC.

Dikutip dari Kumparan, jumlah PPN yang harus dibayar pembeli atau pelanggan adalah 10 persen dari harga sebelum pajak. Nantinya pajak tersbut juga akan dicantumkan dalam resi atau kwitansi yang diterbitkan penjual.

“Dengan penunjukkan ini maka produk dan layanan digital yang dijual oleh keenam pelaku usaha tersebut akan dipungut PPN mulai 1 Agustus 2020. Jumlah PPN yang harus dibayar pembeli dari harga sebelum pajak, dan harus dicantumkan pada resi atau kwitansi yang diterbitkan penjual sebagai bukti pungut PPN,” ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, Hestu Yoga Saksama dikutip dari Kumparan.

Melalui peraturan tersebut, berbagai produk layanan digital seperti streaming musik dan film, aplikasi dan permainan digital, serta jasa online lainnya dari luar negeri yang memiliki kehadirian ekonomi signifikan dan telah mengambil manfaat ekonomi dari Indonesia akan diperlakukan sama seperti produk konvensional atau produk digital sejenis buatan dalam negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here