Inovasi tak henti-henti dikreasikan Spotify. Setelah menggencarkan kiprahnya di dunia podcast, kini Spotify menghadirkan fitur yang dinanti-nantikan penggunanya. Platform musik asal Swedia itu merilis lirik lagu secara real-time.

Spotify baru saja meluncurkan fitur lirik lagu secara real-time kemarin. Fitur ini bisa dinikmati penggunanya di 26 negara yang meliputi Asia, Amerika Latin, dan Asia Tenggara. Indonesia juga masuk dalam negara-negara yang mendapatkan fitur baru dari Spotify itu. Baik penggunanya premium maupun gratis bisa dinikmati fitur tersebut.

Fitur lirik real-time milik Spotify ini bisa dinikmati pengguna jika telah memperbaharui aplikasi ke versi terbaru. Fitur tersebut bisa diakses pengguna Spotify dengan menekan tombol lirik di bagian bawah antarmuka pemutar lagu. Lirik lagu yang tersedia di layanan Spotify akan menggunakan konten lirik dari Musixmatch.

Sebenarnya fitur lirik pernah ada di Spotify dan disediakan oleh Musixmatch. Namun kerjasama ini berakhir pada 2016 silam. Setelahnya, Spotify memulai kerjasama dengan Genius untuk mengembangkan fitur lirik lagu. Fitur tersebut kemudian dikenal dengan sebutan “Behind the Lyrics” yang memberi informasi terkait lagu yang sedang dimainkan, seperti fakta menarik dan sejarah dibalik lagu tersebut.

Namun fitur yang dikembangkan bersama Genius itu memiliki kekurangan dimana informasi yang tampil menghalangi lirik lagu yang sedang di putar. Hal ini membuat penggunanya tak bisa berkaraoke dengan membaca lirik. Maka kehadiran fitur lirik real-time memungkinakn pengguna berkaraoke dengan lancar.

Sebenarnya untuk urusan fitur lirik, Spotify tertinggal jauh dari para pesaingnya. Contohnya Apple Music telah menyediakan fitur lirik sejak 2018 lalu ketika bekerja sama dengan Genius. Sedangkan pesaing lainnya Joox, telah menyediakan fitur lirik sejak kemunculan perdananya pada awal 2015 silam.

Ironisnya fitur menarik dari Spotify ini belum bisa dinikmati sebagian negara maju, seperti Amerika Serikat. Sampai saat ini pihak pengembang belum memberi kepastian kapan meluncurkan fitur tersebut ke negara-negara yang belum kebagian. Berikut daftar yang menerima pembaruan fitur lirik selain Indonesia.

  1. Argentina
  2. Brasil
  3. Kolombia
  4. Chili
  5. Meksiko
  6. Peru
  7. Bolivia
  8. Kosta Rika
  9. Republika Dominika
  10. Ekuador
  11. Guatemala
  12. Honduras
  13. India
  14. Nikaragua
  15. Panama
  16. Paraguay
  17. El Salvador
  18. Uruguay
  19. Vietnam
  20. Filipina
  21. Malaysia
  22. Thailand
  23. Taiwan
  24. Singapura
  25. Hongkong

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here