Penulis komik legendaris asal Amerika Serikat, Stan Lee tutup usia. Pencipta karakter superhero ternama ini menghembuskan nafas terakhirnya di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada Senin (12/11). Kabar ini pun dibenarkan oleh pihak keluarga yang diwakili oleh anaknya.

Terlahir dengan nama Stanley Martin Lieber, ia lahir di New York pada 28 Desember 1922. Lee memutuskan untuk menjadi seorang penulis, dan bekerja di sebuah perusahaan komik, Timely Comics. Ia bergabung ke perusahaan pertamanya tersebut pada tahun 1939, dan menjabat sebagai asisten dan kemudian diangkat menjadi editor.

Kecintaannya terhadap dunia komik mengantarkan Lee ke titik kesuksesan dalam hidupnya. Memperdalam dan memperkaya ilmu pengetahuan di dunia komik. Ia pun menjadi seorang illustrator dan penulis komik.

Memasuki tahun 1960-an, nama perusahaan tempat Lee bekerja berubah menjadi Marvel Comics. Dari sinilah tantangan mulai hadir dalam hidup Lee sebagai seorang illustrator dan penulis. Lee ditantang oleh atasannya untuk membuat seri komik Marvel. Bersama dengan Jack Kirby, Lee menciptakan tokoh superhero Fantastic Four pada tahun 1961.

Sukses dengan Fantastic Four, Lee dan Kirby pun menciptakan superhero lainnya yang tak kalah keren dari Fantastic Four. Terbukti, Lee turut melahirkan dan menciptakan  karakter superhero ternama, seperti Iron Man, Hulk, Thor, Silver Surfer, dan X-Men.  Tak hanya bersama dengan Jack Kirby saja Lee bekerjasama, bersama dengan seorang seniman dan juga penulis, Ditko, Lee berhasil menciptakan karakter superhero baru yang luar biasa, Spider-Man dan Doctor Strange.

Kemampuannya dalam menciptakan beragam karakter superhero ini pun berdampak baik bagi perusahaannya, Marvel Studio. Tahun 1972, Lee diangkat menjadi direktur editor dan penerbit. Selain dikenal sebagai penulis komik, Lee juga turut serta berperan dalam film-film superhero yang telah ia ciptakan.

Stan Lee sempat menjadi cameo pada film Spider-Man (2012). Saat itu Lee terlibat pada film yang dibintangi oleh Tobey Maguire dan Kristen Dunts. Wajah Lee sempat terekam jelas di kamera saat menyelamatkan seorang gadis berambut pirang dari reruntuhan. Tak hanya terlibat sebagai cameo film Spider-Man saja, Lee juga pernah terlibat disejumlah film lainnya, diantaranya X-Men (2000) sebagai penjual hot dog, Hulk (2003) sebagai petugas keamanan, Captain America: The First Avenger (2011) sebagai petinggi tentara AS, Thor (2011), Avengers (2012), The Amazing Spider-Man (2012), dan Guardian of The Galaxy (2014).

Tahun 2001, Lee juga mulai membuka sebuah perusahaan hiburan pribadi miliknya. Perusahaan tersebut ia beri nama POW! Entertainment. Ia juga menerbitkan otobiografinya, Excelsior! The Amzaing Life of Stan Lee. Dalam berkarya dan membuat karakter superhero ternama, Stan Lee juga dihadiahi sebuah penghargaan Medal of Arts dari Presiden George W. Bush.

Senin (12/11) kabar duka pun menyelimuti Marvel Studio. Sang legenda komik superhero meninggal dunia. Kabar duka ini pun menyelimuti keluarga superhero terbesar Amerika Serikat. Stan Lee, sang legenda menghembuskan nafas terakhirnya di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Ia meninggal dunia disaat usianya menginjak 95 tahun.

Ucapan belasungkawa pun mulai membanjiri dan hadir dari para pemain superhero ciptaannya. Chris Evans, Robert Downey Jr, Tom Holland, Hugh Jackman, dan Ryan Reynolds mengungkapkan kesedihan dan bangganya akan sosok Stan Lee, sang legenda.

Semasa hidupnya, Stan Lee sangat berjasa dalam penciptaan karakter superhero hebat, yang mendatangkan keuntungan luar biasa untuk Marvel Studio. Karya terakhirnya pun masih ia sempat berikan untuk Marvel Studio dengan menciptakan karakter Black Panther. Selamat jalan sang legenda komik superhero, Stanley Martin Lieber.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here