Berbicara mengenai karakter Batman, nama Michael Keaton paling melekat pada sosok jubah hitam dengan badan yang tinggi dan besar. Karakter Batman versi Tim Burton ini lah yang menjadi sosok idola bagi penggemar serial Batman. Namun, ada satu nama yang sempat dipertimbangkan untuk memerankan karakter Bruce Wayne atau Batman sebelum Michael Keaton, yaitu Steven Seagal.

Sam Hamm salah satu penulis dari cerita Batman (1989) melakukan sebuah wawancara bersama dengan Syfy Wire. Hamm merupakan penulis skenario film Batman tahun 1989, atau sudah sekitar 30 tahun yang lalu sejak Batman versi Tim Burton tayang pertama kali di layar lebar, bersama dengan Syfy Wire, Hamm menyampaikan beberapa rahasia yang selama ini belum di ketahui oleh publik maupun penggemar Batman lainnya.

Michael keaton sebagai BATMAN (1989)

“Ada banyak orang di Warner Bross yang menginginkan peran laga ini. Mereka semua ingin memerankan karakter Batman, bukan karakter Bruce Wayne. Anda harus membuat Batman bekerja, karena Batman akan menjadi seorang pria laga atau menjadi seseorang dengan kostum yang berlarian dalam sebuah tembakan. Anda tidak perlu memiliki keahlian bela diri.

Seagal adalah salah satu orang yang disarankan kepada kami. Orang-orang berpikir dia adalah orangnya. Dia bisa menjadi Batman. Dia hanya salah satu nama yang terpikir.” Ungkap Sam Hamm dalam wawancaranya bersama dengan Syfy Wire.

Terlepas dari nama Steven Seagal yang sempat menjadi calon pemeran Batman, pihak Tim Burton pun menilai bahwa Batman bukanlah sekedar karakter yang memakai kostum hitam dengan tubuh besar. Karakter Batman harus bisa memerankan karakter Bruce Wayne ketika tidak memakai kostum andalannya. Hal itulah yang ditemukan Tim Burton di diri Michael Keaton.

Pada akhirnya penggemar pun menjatuhkan hatinya kepada Keaton atas kesuksesan dan totalitasnya memerankan karakter Batman maupun Bruce Wayne. Ia sangat terampil dan karismatik dalam memerankan sosok Bruce Wayne. Seagal akan tetap menjadi Seagal yang belum tentu sukses memerankan karakter Bruce Wayne dan Batman seperti yang dilakukan oleh Keaton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here