Makanan pedas memang selalu mengundang selera, makanan terasa kurang nikmat bila tanpa sambal. Sebagian orang terkadang memiliki ketakutan tersendiri jika mengkonsumsi makanan pedas. Akan tetapi ternyata sambal punya manfaat bagi kesehatan lho!

Sebuah studi yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa makanan pedas dan sambal bisa meningkatkan kesehatan dan otak kita secara menyeluruh karena tingkat konsentrasi rasa yang tinggi. Selain sambal yang terbuat dari cabai, senyawa capsaicin yang terdapat pada paprika memiliki manfaat yang baik untuk metabolisme tubuh dan dapat mengurangi resiko terkena berbagai penyakit, termasuk penyakit kanker.

Paprika juga mempunyai senyawa yang dikenal sebagai apigenin yang terbukti mampu menguatkan hubungan antara sel-sel otak. Hal ini juga dapat memberi perlindungan terhadap gangguan yang sering muncul seperti Alzheimer Disease, Parkinson, dan beberapa gangguan mental lainnya.

Bagi yang menyukai makanan pedas, pasti ini menjadi kabar yang menyenangkan karena dibalik kenikmatan makan makanan pedas ada beberapa manfaat makan pedas bagi kesehatan. Apa saja?

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan.

Ini merupakan kabar bahagia bagi para perempuan, siapa sih yang tidak ingin berat badannya bisa turun hanya dengan mengkonsumsi makanan yang disukai? Mengkonsumsi makanan yang terbuat dari cabai pedas memiliki pengaruh besar dalam penurunan berat badan seseorang. Hal ini disebabkan karena kandungan capsaicin dalam cabai berfungsi penting dalam peningkatan kinerja dan metabolisme tubuh serta pembakaran lemak.

  1. Membuat Jantung Sehat.

Capsaicin yang terkandung dalam cabai juga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan memperkuat dinding otot jantung. Dampak positifnya dari cukup sering makan makanan pedas, jantung yang merupakan organ vital dapat bekerja lebih efektif dalam memompa darah keseluruh anggota tubuh.

  1. Anti Kanker.

Kanker merupakan penyakit yang sungguh sangat menyeramkan. Datangnya penyakit kanker dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan pedas. Beberapa penilitian menunjukkan jika pertumbuhan sel-sel kanker bisa dihambat oleh kandungan capsaicin yang terdapat dalam cabai. Dan juga, mengonsumsi makanan pedas secara rutin dipercaya ampuh untuk menurunkan risiko terkena kanker.

  1. Kebutuhan Vitamin C Dalam Tubuh Dapat Terpenuhi.

Vitamin C merupakan zat penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dan ternyata, cabai memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi lho! Rutin mengonsumsi makanan pedas dapat membuatmu terhindar dari berbagai macam gejala penyakit.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi makanan pedas, untuk itu kamu tidak perlu khawatir jika menyukai makanan pedas. Karena banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Tapi ingat ya, jangan juga berlebihan dalam mengkonsumsi makanan pedas, karena segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here