Di dalam keseharian kita, pasti kita selalu bertemu dengan banyak orang bahkan berkenalan dengan orang-orang baru. Biasanya, karena baru pertama kali bertemu otak kita akan menyerap nama yang disebutkan dan mengamati wajah yang baru kita kenal itu.

Tapi, apakah kamu pernah bertemu lagi dengan seseorang yang sudah pernah berkenalan, tapi sulit ingat namanya? Tapi kita masih dengan mudah mengingat wajahnya? Ternyata, sulit mengingat nama dan mudah mengingat wajah seseorang adalah hal yang wajar dialami oleh siapa saja.

Bertemu lagi di jalan atau di sebuah tempat dan langsung menyapa bahkan ngobrol tentang kabar, setelahnya pasti pernah di antara kamu bertanya dalam hati “duh, yang tadi namanya siapa ya? Lupa.” Hal ini ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho, jadi begini;

Otak adalah organ tubuh yang paling kompleks dan paling rumit yang dimiliki oleh manusia. Karena, otak mengatur kerja berbagai fungsi tubuh mulai dari pergerakan tangan, kaki, sampai untuk membantu kita mengingat sesuatu, dan bahkan otak lah yang mampu memerintahkan kita untuk makan atau minum ketika sedang merasa haus atau lapar.

Dan kenapa bisa kejadian sulit mengingat nama tapi mudah mengingat wajah seseorang? Itu karena di otak manusia terdapat bagian khusus yang memang hanya khusus bekerja untuk mengingat wajah seseorang, bagian otak yang khusus ini dinamakan Fusiform Face Area yang terletak di lobus temporal atau di bagian belakang telinga kita.

Inilah sebabnya mengapa mengingat wajah seseorang lebih mudah dibanding mengingat namanya. Dan kenapa ada dari sebagian kita yang mudah ingat wajah tapi lupa dengan namanya? Ternyata hal ini terjadi karena di dalam otak manusia tidak ada bagian khusus yang berfungsi untuk mengingat nama seseorang secara khusus.

Sebuah nama adalah kata khusus, dan bukan kata-kata yang setiap hari kita gunakan untuk menyusun sebuah kalimat. Jadi, ketika ketika harus mengingat wajah orang lain, otak akan mendapatkan lebih banyak tugas seperti mengamati, melihat bentuk wajanya, mengenali, dan menyimpannya sebagai memori.

Namun, ketika untuk mengingat nama orang, otak akan bekerja lebih sedikit, yaitu hanya mendengar dan menyimpannya tanpa melakukan pengamatan. Itulah mengapa beberapa dari kita sering kali ‘ingat wajah tapi lupa nama’, dan itu adalah hal yang sangat wajar terjadi. Jadi jangan berkecil hati ya jika kamu sulit atau bahkan lupa mengingat nama seseorang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here