Sebagian besar orang yang memiliki kesibukan baik di dunia kerja, sekolah, maupun siapa saja tentu memiliki berbagai kendala dalam hidupnya. Salah satu kendala yang pernah dialami ialah kesulitan untuk bangun pagi. Kesulitan ini biasanya dialami bagi pekerja maupun mahasiswa yang sudah tidak duduk dibangku sekolah. Sehingga mereka merasa tidak perlu mengorbankan waktu tidurnya untuk bangun lebih pagi.

Baca juga: Jangan Takut Lelah, Inilah Manfaat Bila Rutin Berjalan Kaki 30 Menit di Pagi Hari

Kebiasaan bangun siang ini pastinya akan memiliki dampak dikemudian hari. Tubuh Anda secara tidak langsung terhipnotis oleh kenyamanan kasur dan dinginnya pendingin ruang kamar tidur Anda. Demi mencegah kebiasaan bangun siang ini secara terus menerus, beberapa tips ini mungkin dapat membantu Anda agar terbiasa untuk bangun pagi.

  1. Tidur Lebih Cepat

Untuk bisa bangun lebih awal, Anda memerlukan jam tidur yang lebih awal. Demi mewujudkan jam tidur diawal, Anda harus merelakan berbagai kegiatan yang dapat membuat mata Anda tetap terjaga. Hindarilah untuk menonton televisi hingga larut, atau berhentilah membaca ketika mata Anda sudah lelah. Yang terpenting dan paling berpengaruh saat ingin tidur adalah gadget. Jauhilah diri Anda dari benda tersebut yang dapat membuat fokus Anda terpecah antara ingin tidur, atau bermain gadget. Dengan melakukan tidur diawal waktu dan lebih cepat dari biasanya, Anda akan memiliki energi positif saat matahari mulai memancarkan cahaya keesokan harinya.

  1. Pasang Alarm Di Dekat Anda

Jika memang kalian tipe orang yang sulit untuk bangun pagi, gunakanlah alat bantu jam beker atau alarm untuk membantu Anda bangun pagi. Letakan jam beker atau alarm di dekat Anda dengan volume maksimal. Usahakan untuk bangun jika sudah terganggu dengan suara dari jam beker atau alarm, dan jangan mematikan alarm atau jam beker sebelum Anda benar-benar sudah sadar dari tidur lelap semalam.

  1. Biarkan Cahaya Matahari Menyinari Kamar Anda

Untuk Anda yang memiliki jendela pada kamar tidur, biarkanlah sinar matahari pagi masuk kedalam kamar Anda. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan Anda saat tidur karena merasa silau. Dengan demikian, mau tidak mau Anda pasti akan bangkit dari kasur.

  1. Minum Air Putih Sebelum Tidur

Ada baiknya sebelum memutuskan untuk tidur Anda mengkonsumsi air putih terlebih dahulu. Memang sebagian orang akan beranggapan bahwa dengan minum air putih sebelum tidur dapat meningkatkan resiko ngompol atau ingin buang air kecil di malam hari. Tenang saja, dengan minum air putih sebelum tidur, tubuh Anda akan terasa lebih segar dan terhindar dari dehidrasi. Air putih juga bermanfaat untuk membersihkan tubuh Anda dari racun yang ada. Jadi jangan takut akan ngompol ya.

  1. Miliki Alasan Yang Kuat Untuk Bangun Pagi

Jika semua tips diatas dirasa kurang berhasil, cobalah untuk meyakinkan diri Anda untuk bangun pagi. Buatlah alasan yang tepat agar Anda bersemangat untuk bangun di pagi hari. Misalnya, Anda akan meeting dengan client jam 8 pagi di kawasan Jakarta yang macet, sehingga Anda diharuskan bangun lebih awal agar terhindar dari kemacetan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here