Sejak virus Corona sudah semakin meluas di Indonesia, namun tidak menghentikan kita sebagai pekerja untuk tidak bekerja, sebagian besar perusahaan sudah menerapkan bekerja dirumah atau work from home (WFH). Gerakan ini cukup menyenangkan karena kita bisa lebih santai, seperti bisa bangun lebih siang karena tidak terburu-buru naik transportasi ke kantor, bisa me-time ketika sudah merasa lelah atau bosan, dan seharusnya produtivitasmu bisa lebih meningkat.

Namun, dampak WFH ini tidak selamanya menguntungkan buat kamu yang mengalaminya, justru ada beberapa dampak negatif dari WFH, seperti tagihan listrik meningkat dan berat badan semakin bertambah. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa tetap berhemat selama masa WFH?

1. Hindari penggunaan AC seharian

(Cara berhemat selama WFH. Foto: Dok. Giphy)

Di kantor mungkin kamu terbiasa bekerja dalam ruangan ber-AC yang sejuk. Nah, kebiasaan ini harus dihilangkan saat bekerja dari rumah atau WFH. Percaya deh, kamu akan kaget melihat tagihan listrik kalau kamu tidak segera menghentikannya. Sebaiknya, buka jendela lebar-lebar dan biarkan angin sejuk menyapamu. Atau, kamu juga bisa bekerja di teras atau halaman belakang rumah. Siapa tau kamu malah mendapatkan ide-ide kreatif yang menarik?

2. Lepas charger laptop jika tak dibutuhkan

(Cara berhemat selama WFH. Foto: Dok. Giphy)

Jujur deh, ini jadi kebiasaan buruk banyak orang, yakni membiarkan charger tercolok di laptop seharian, selama kita bekerja. Padahal, ini hanya akan menambah pundi-pundi tagihan yang harus kamu bayarkan pada akhir bulan nanti. Pastikan kamu mencabut charger setelah baterai terisi penuh. Selain menghemat listrik, laptop-mu jadi tak mudah rusak.

3. Kurangi jajanan online

(Cara berhemat selama WFH. Foto: Dok. Giphy)

Sebelumnya, terima kasih pada bapak/ibu driver online yang masih giat bekerja di luar rumah di tengah tingginya tingkat penularan Covid-19. Namun, kemudahan ini kadang membuat kamu ‘lapar mata’. Mungkin kamu terbiasa jajan sore di kantor, sehingga kebiasaan ini terbawa ke rumah. Usai makan siang, pesan kopi. Lanjut ke sore, pesan martabak. Sebenarnya sekali-sekali sih boleh tapi kalau dibiasakan setiap hari, saldo di rekening bisa terkuras cepat dan berat badan akan bertambah!

4. Buat ‘to-do list’ yang produktif

(Cara berhemat selama WFH. Foto: Dok. Giphy)

Semakin kamu sibuk, semakin kamu lupa dengan rasa bosan. Kalau kamu punya cukup banyak hal yang harus dikerjakan, pasti kamu enggak akan punya waktu luang untuk melihat Instagram atau situs e-commerce yang bisa membuaimu untuk membeli suatu barang yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan. Lagipula, semakin produktif, semakin banyak pekerjaanmu yang bisa diselesaikan. Atasan akan jadi senang sekali. Salah satu kegiatan yang produktif selama WFH adalah olahraga ringan dirumah. Kamu bisa menggunakan Youtube sebagai panduan untuk kamu yang ingin berolahraga dirumah.

5. Manfaatkan “internet-call”

(Cara berhemat selama WFH. Foto: Dok. Giphy)

Saat bekerja dari rumah, kamu pasti harus sering menghubungi banyak klien atau rekan tim. Daripada membuang pulsa dan kuota, maksimalkan penggunaan WiFi di rumah. Selain sinyal yang biasanya lebih bagus, simpan kuotamu untuk hal-hal mendadak, seperti listrik yang tiba-tiba mati saat harus meeting.

Itulah 5 cara berhemat selama work from home. Jadi, mana yang mau kamu lakukan lebih dulu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here