Aromanya selalu mengundang selera, perpaduan harum bawang putih dan bawang merah yang dicampur dengan kuah khas Tahu Gejrot menjadikan kudapan ini sebagai favorit di kalangan masyarakat. Rasa kuahnya yang pedas manis karena terbuat dari bahan dasar gula merah, ditambah potongan tahu sumedang menambah cita rasa kudapan khas Cirebon ini.

Kekhasan dari makanan tradisional ini tidak hanya terletak pada bahan dan pelengkap sajiannya, wadah dan alat santapnya alami menggunakan biting (tusuk kecil terbuat dari bambu atau kayu). Namun, tidak banyak yang tahu sejarah kemunculan tahu gejrot yang biasa dijual di pikulan itu.

Tahu gejrot memang berasal dari Kota Cirebon, namun di berbagai daerah di luar Cirebon juga banyak ditemukan para pedagang tahu gejrot. Misalnya saja di Kota Tua, Jakarta Pusat. Kamu bisa dengan mudah menemukan penjual tahu gejrot di tempatnya jajanan jadul berada. Namun alangkah tak lengkap juga rasanya kalau kamu sedang mampir ke Kota Cirebon tidak mencicipi tahu gejrot yang asli di sana.

Dari beberapa kalian mungkin bertanya-tanya, kenapa namanya tahu gejrot? Nama tahu gejrot berasal dari bumbu cair yang berwarna kecokelatan yang berbahan dasar gula merah, bumbu kuah ini disimpan di botol kaca dan diguncangkan sebelum dituang sehingga menimbulkan bunya jrot jrot jrot. Dan karena yang diberik kuah bumbu adalah tahu, maka orang-orang menyebutnya tahu gejrot. Hingga saat ini nama tahu gejrot di kenal masyarkat.

Konon, sejarah tahu gejrot tercipta dari dapur pabrik tahu gejrot yang berada di Desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon sejak zaman pra-kemerdekaan. Pabrik tahu gejrot ini dimiliki oleh warga keturunan Tionghoa yang menetap di Indonesia dan rakyat asli Cirebon sebagai buruhnya.

Saat maraknya tawaran beragam makanan mewah, baik dari dalam maupun dari luar negeri, tahu gejrot hingga kini tetap diminati sebagai makanan atau jajanan sederhana yang nikmat  tanpa campuran zat kimia dan tentunya aman bagi kesehatan jika di konsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here