Jangan sekali-kali meremehkan tebu lho! Selain memiliki rasa manis alami yang segar, tebu memiliki beberapa manfaat rahasia yang tentunya baik untuk tubuhmu. Bahkan bagi generasi 90-an ke atas tebu menyimpan memori tersendiri karena tumbuhan itu biasa dikonsumsi dan dijual di sekolah-sekolah.

Cara menikmati tebu jaman dulu biasanya langsung di hisap dan digigit-gigit sampai airnya yang manis keluar dari bentuknya yang seperti bambu empuk. Tapi jangan coba-coba langsung memegang batang pohon tebu, bisa-bisa tanganmu dipenuhi duri-duri halus. Tebu juga dijadikan sebagai bahan baku utama gula pasir. Tak hanya menjadi pembangkit memori nostalgia jaman dulu, tak disangka tebu memiliki 6 manfaat yang belum diketahui orang banyak, berikut di antaranya;

  1. Mencegah Kanker.

Tebu memiliki kandungan zat glukosa yang tidak disangka dapat menjadi pencegah kanker. Selain itu, ada kandungan konsentrasi dari kalsium, magnesium, dan potassium dari tebu yang cukup kuat untuk meningkatkan imun dari tubuh manusia. Kemungkinan terkena kanker bisa ditekan hingga beberapa persen karena tingginya kadar alkali pada tubuh.

  1. Melancarkan Pencernaan.

Kandungan serat yang tinggi dari tebu mampu membantu menjaga usus tetap bersih agar pencernaan menjadi lancar. Selain itu, tebu juga dapat menetralkan asam lambung. Konsumsi sari tebu bisa menghindarkan kamu dari kemungkinan terkena berbagai macam penyakit perut.

  1. Mencegah Serangan Jantung.

Tidak hanya mengantisipasi datangnya penyakit kanker, sedikit banyak tebu juga bisa mencegah sakit jantung. Hal ini dikarenakan tebu mampu menurunkan kadar kolestrol serta jumlah trigliserida yang tinggi dalam darah, lemak pun bisa dibersihkan dengan tebu yang perannya relatif sama dengan peran yang dimiliki oleh jus jeruk.

  1. Membuat Berat Badan Ideal.

Khusus buat kamu yang lagi menjalani program diet dan menghindari makan makanan manis, kamu bisa menggantinya dengan tebu. Bisa dijadikan sebagai solusi, tebu dapat memberikanmu sensasi manis segarnya gula alami. Menurunkan berat badan menggunakan sari tebu yang dikonsumsi secara rutin, ternyata punya manfaat yang nyaris sama seperti kalau kamu mengkonsumsi buah dalam jumlah besar.

  1. Tidak Memperparah Diabetes.

Sekalipun memiliki rasa manis yang cukup tinggi, tebu tidak memberikan bahaya akan gula darah. Bahkan, manisnya tebu justru sangat baik untuk diabetes, karena tebu memiliki gula alami yang belum diolah. Selain itu, tebu juga memiliki indeks glisemik yang rendah, jadi aman untuk para penderita diabetes.

  1. Menyehatkan Kulit.

Ternyata tebu juga bagus lho untuk mencerahkan kulit. Segala jenis kulit sama-sama bisa merasakan manfaat tebu untuk kulit setelah air tebu kamu minum. Rehidrasi dari sari tebu membantu supaya kulit tercegah dari tingginya kemungkinan kulit berjerawat. Tak cuma dari dalam, kamu juga bisa menjadikan ampas tebu sebagai masker wajah.

Meski seperti sudah langka, tebu masih bisa kamu temui di daerah-daerah pedesaan. Bahkan, di pinggiran jalan Jakarta kamu bisa menemukan penjual air tebu yang bisa kamu beli batang tebunya untuk di konsumsi agar mendapatkan 6 manfaat tak terduga dari tebu yang baik untuk tubuhmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here