Duduk di meja kerja tapi pikiran melanglang buana kemana-mana sehingga menjadi tidak fokus pada pekerjaan yang harus dikerjakan. Memang mata tertuju pada satu titik, tapi pikiran tidak mau hanya diam ditempat, Ia lebih memilih berkeliaran sesuka mereka. Tentunya Anda pernah mengalami kondisi seperti ini kan? Dan ujung-ujungnya Anda pasti melamun. Melamun ternyata adalah tanda bahwa otak sedang bosan untuk melakukan hal-hal yang teratur.

Baca juga: Masuki Usia 40 Tahun, Frekuensi Bercinta Jangan Jadi Kendor!

Menurut penelitian dari The Georgia Institute of Technologi, yang dipaparkan oleh Eric Schumer seorang Profesor dari Georgia Institute of Technologi yang menjadi salah satu tim riset mengatakan “Orang dengan otak yang efisien mungkin memiliki terlalu banyak kapasitas otak sehingga pikiran berkeliaran kemana-mana.

Fakta tersebut terbukti setelah peneliti melakukan test MRI (Magnetik Resonance Imaging) dengan bantuan lebih dari 100 peserta. Peneliti meminta responden untuk fokus ke sesuatu yang membosankan. Seperti yang sudah diduga sebelumnya, mereka malah melamum walaupun mata mereka tertuju hanya pada suatu tempat. Tetapi tetap saja pikiran mereka berkeliaran bebas kemana-mana.

Data penelitian menunjukkan ritme aktivitas otak yang terjadi saat mereka sedang melamun ternyata juga terkait dengan jenis aktivitas otak lainnya. Adanya hubungan kuat antara mereka yang melamun dengan kemampuan intelektual yang lebih tinggi, hal ini juga mengacu pada hubungan orang-orang yang berpikiran kuat dan kebiasaan melamun.

Peneliti yakin bahwa seseorang yang lebih cerdas memiliki otak yang lebih efisien, dan menyiskan lebih banyak energi untuk memikirkan hal-hal random seperti saat sedang melamun. “Orang cenderung menganggap bahwa pikiran yang berkelana adalah hal buruk. Anda mencoba fokus pada satu hal tetapi gagal,” kata Schumer.

Schumer juga mengatakan bahwa data penelitian yang ditemukan bersama timnya itu tidak selamanya bersifat konsisten. Karena ada juga seseorang yang jarang melamun tapi memiliki otak yang lebih cerdas. Jadi, tidak ada yang salah dengan melamun, asalkan hal-hal random yang masuk dalam lamunan Anda adalah hal yang positif dan kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here