Beras merupakan makanan pokok bagi sejumlah negara di Asia, ada begitu banyak macam beras, dan salah satunya adalah beras merah. Bukan hanya untuk makanan sehari-hari saja, beras merah juga merupakan makanan pokok yang sangat menyehatkan dan bisa membuat tubuh semakin sehat.

Beras merah ialah beras yang hanya mengalami pengelupasan lapisan paling luar dan tidak melalui proses penggilingan. Lapisan inilah yang mengandung banyak vitamin, kalsium, seng, zat besi, mineral, selenium, serat, dan nutrisi penting lainnya.

Beras merah juga bisa dijadikan makanan penunjang program diet, karena kandungan kalori yang ada pada beras merah lebih rendah dari kalori pada beras putih. Kandungan kalori yang rendah pada beras merah ini sangat efektif untuk menurunkan kalori dalam tubuh kamu, sehingga akan membuat berat badan turun dengan sendirinya.

Selain itu, beras merah juga bisa membuat perutmu tidak mudah lapar alias bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dibanding nasi putih. Adapun manfaat lain yang wajib kamu tahu dari beras merah adalah;

  1. Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah. Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari beras putih lho, sehingga dapat menurunkan resiko peningkatan kadar gula dalam darah. Dan bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes.
  2. Mencegah Kanker. Tercegah dari penyakit kanker tentunya idaman bagi setiap orang, dan pada beras merah harapan tersebut bisa kamu gantungkan. Karena, beras merah mengandung zat selenium dan polifenol yang bisa menjaga tubuh terhindar dari penyebab penyakit kanker. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada pada beras merah dapat mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh.
  3. Menurunkan Kadar Kolestrol. Kadar kolestrol yang tinggi dalam tubuh dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit kronis seperti gagal jantung, stroke dan diabetes. Jika kadar kolestrol dalam darah kamu cukup tinggi, maka sebaiknya kamu dapat mengubah menu makan kamu dengan mengonsumsi makanan sehat seperti beras merah. Mengapa beras merah? Karena beras merah mengandung asam gamma-aminobutyric (GABA), yang diketahui sebagai zat yang mampu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.
  4. Mencegah Penyakit Jantung. Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi pada beras merah dapat membantu membersihkan plak yang terkumpul pada arteri dan melancarkan aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Aliran darah yang mengalir dengan lancar ini, akan mencegah kamu terkena penyakit jantung.
  5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi. Beras merah mengandung magnesium dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang dan juga gigi. Dengan terpenuhinya kebutuhan dua mineral yang penting untuk tubuh tersebut, akan membuat kesehatan tulang dan gigi kamu menjadi terjaga.

Jadi, mulai sekarang tidak perlu ragu lagi mengganti nasi putihmu dengan nasi merah. Rasanya dari beras merah pun tak kalah nikmat lho dari nasi putih, kamu tetap bisa menikmati sajian makanan dengan lebih sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here