Salah satu taman yang terletak di kawasan Kebayoran baru, Jakarta Selatan, yaitu Taman Ayodya merupakan salah satu taman kota yang bisa Anda kunjungi untuk melepas penat tanpa harus ke pinggir kota. Lokasi yang dahulu bernama Taman Barito ini yang juga merupakan tempat penjual aneka ikan hias serta penjual bunga. Kini, lokasi tersebut berubah menjadi sebuah taman indah dengan kolam dibagian tengahnya.

Baca juga: Taman Situ Lembang, Oase Hiburan di Tengah Kota yang Terlupakan

Beberapa tahun lalu, kawasan ini merupakan surga bagi para pecinta ikan hias, sebelum disulap menjadi sebuah taman indah. Banyak para penjual ikan hias dan beraneka ragam toko bunga. Sehingga kawasan tersebut pun menjadi salah satu pusat penjualan aneka ragam ikan hias.

Sayangnya pemerintah pada tahun 2009 membangun sebuah taman dan menggusur para penjual ikan hias dan juga toko bunga tersebut. Pembangunan taman yang dilakukan oleh Pemerintah ini juga sempat menimbulkan pro dan kontra diantara para penjual. Meski demikian para penjual di kawasan tersebut tidak dapat melawan dan terpaksa harus digusur.

Taman Ayodya berdiri diatas tanah seluas 7,500 meter persegi, dengan danau buatan pada bagian tengah yang dilengkapi dengan air mancur seluas 1500 meter persegi. Taman ini menjadi salah satu destinasi wisata warga Jakarta yang sudah penat dengan kepadatan Ibukota.

Selain biaya masuk yang gratis, disini Anda juga akan dimanjakan dengan beragam fasilitas pendukung, seperti layanan internet atau hotspot. Penyediaan fasilitas hotspot ini bertujuan agar Anda yang berkunjung ke Taman Ayodya dapat dengan santai berlibur atau sambil mengerjakan tugas dengan suasana yang berbeda.

Tak hanya hotspot yang disediakan pemerintah di Taman Ayodya, bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas olahraga, Taman Ayodya juga menyediakan Jogging Track yang bisa dimanfaatkan. Selain itu, Taman Ayodya juga menjadi satu-satunya taman yang menyediakan fasilitas khusus untuk penyandang difabel. Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya jalur khusus penyandang difabel, serta dibangunnya toilet khusus untuk difabel.

Meskipun dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung, kawasan Taman Ayodya kerap kali disalah gunakan oleh para muda mudi untuk memadu kasih. Hal ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan para pengunjung lainnya. Alangkah lebih baiknya jika Taman Ayodya menyediakan sistem keamanan yang ketat untuk para pengunjung yang melakukan penyalahgunaan tempat ini.

Baca juga: Mengenang Taman Ria Senayan, Pernah Jadi Ikon Grup Lawak Srimulat

Untuk mencapai Taman Ayodya, Anda cukup naik bis umum dengan tujuan Blok M atau TransJakarta yang memiliki pemberhentian akhir di terminal Blok M. Dari terminal BlokM atau BlokM Square, Anda cukup menyebrang ke Blok M Plaza dan berjalan hingga menuju GOR Bulungan. Tidak jauh dari GOR Bulungan, Anda sudah bisa menemukan Taman Ayodya ini.

Tertarik untuk mengunjungi Taman Ayodya di weekend ini bersama keluarga?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here