Bahan makanan yang dibuat dari kedelai dan kerap dijadikan bahan masakan untuk cocolan tahu ataupun dijadikan campuran pada makanan lainnya ini biasa disebut dengan Tauco. Dan jika kamu sedang berkunjung ke Cianjur, Tauco bisa menjadi oleh-oleh khas Cianjur yang cukup legendaris. Namanya Tauco Cap Meong, lokasi yang berada di Jalan HOS Cokroaminoto No 160, Cianjur, Jawa Barat bisa kamu kunjungi untuk membeli Tauco Cap Meong.

Tauco sendiri sudah berumur lebih dari satu abad, dirintis sejak tahun 1880 Tauco Cap Meong diproduksi secara turun temurun oleh keluarga Ny.Tasma atau Tjoa Kim Nio menjadi pelopor usaha produk tauco di Cianjur, Jawa Barat. Tauco Cap Meong pertama kali dicetuskan oleh seorang pria keturunan Tionghoa bernama Tan Ken Hian.

Bisnis tersebut dilanjutkan oleh istrinya yang tidak lain adalah Ny.Tasma. Meski pun telah mengalami pergantian pengelola, bisnis ini tetap bertahan hingga generasi ke-4. Tauco Cap Meong tak pernah berubah dan masih mempertahankan produksi dengan cara tradisional. Dengan pilihan kedelai berkualitas, Tauco Cap Meong tetap dimasak di atas kobaran api dari kayu. Sementara proses pembungkusan juga manual menggunakan centong kayu. Sangat sederhana, namun rasanya luar biasa.

 

Cerita yang berkembang seputar penggunaan nama “Meong” pun cukup menarik. Konon katanya, ditemukan tapak kaki meong (Macan) di dapur, yang diyakini sebagai peliharaan Eyang Suryakencana, leluhur di Cianjur, lalu tapak Macan itu menjadi sumber inspirasi untuk penamaan Tauco Cap Meong ini. Harga yang dibandrol untuk sebotol Tauco Cap Meong dengan ukuran 350 ml seharga Rp16.000. Sedangkan ukuran 200 ml hanya Rp 12.000. Harga yang sangat terjangkau, bukan?

Hidangan paling nikmat yang dibuat dari bahan dasar Tauco diantaranya adalah Toge Goreng, Sate Maranggi sebagai kuah siraman diatas sate yang sudah dibakar, sebagai cocolan tahu, dan masih banyak lagi makanan yang pasti akan terasa lezat jika dimasak dengan mencampurkan Tauco didalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here