Pada bulan Ramadan kemarin, tepatnya tanggal 25 Mei 2019 ikatan alumni Universitas Indonesia jurusan Arsitektur menggelar sebuah workshop. Ikatan alumni ini pun di kenal dengan nama Telusuruang. Workshop yang diadakan oleh Telusuruang ini terbagi ke dalam 2 sesi, yakni sesi My Own Bedroom dan sesi Cardboard Furniture.

Workshop yang diselenggarakan oleh Telusuruang ini diadakan pada 25 Mei 2019, bertempat di Jl.Pahlawan RT 001/RW 10, No.10, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sebagai ikatan alumni jurusan arsitektur, Telusurang mengadakan workshop yang diperuntukan bagi anak-anak berusia 7 – 14 tahun.

Pada sesi pertama yang mengangkat tema My Own Bedroom, para peserta workshop akan dibekali dengan pola-pola miniature dari beragam furniture. Nantinya, pola-pola ini harus dibentuk dan disatukan hingga menjadi sebuah furniture dari tema yang sudah ditentukan.

Selain disediakan pola-pola dari furniture, para peserta juga diharuskan membangun empat dinding yang terbuat dari kertas kerdus untuk disatukan dan membentuk sebuah ruangan. Penyatuan ini nantinya akan membentuk dinding kamar yang akan diisi dengan rangkaian pola furniture yang sudah dibentuk.

Peserta juga akan dibebaskan menghias kamar impian mereka dengan sejumlah cat akrilik untuk mewarnai dinding kamar. Dengan diangkatnya tema My Own Bedroom ini, Telusuruang berharap para peserta dapat mengasah kreatifitas dan mengasah kepekaan para peserta atas lingkup pribadinya berupa kamar tidur.

Selain mengangkat tema My Own Bedroom, Telusuruang juga mengangkat tema Cardboard Furniture. Dimana, pada sesi ini para peserta diharuskan menyatukan berbagai elemen tanpa menggunakan perekat sedikit pun. Peserta dibebaskan untuk mengeluarkan dan menunjukan kretivitasnya dalam membentuk sebuah furniture dari bahan yang sudah disediakan. Rata-rata pada sesi ini para peserta kebanyakan membuat furniture bangku karena di nilai lebih mudah untuk dibentuk.

Setelah furniture dari tema Cardboard Furniture ini selesai disusun, peserta juga diharuskan melakukan hal yang sama seperti sesi My Own Bedroom, yakni mewarnai furniture ciptaannya dengan menggunakan cat akrilik.

Dengan diangkatnya kedua sesi pemahaman arsitektur ini, Telusuruang tentunya memiliki rangkaian kegiatan lanjutan yang bertujuan untuk membantu pengembangan otak anak serta sebagai media dari kreativitas anak-anak. Nantinya, Telusuruang akan mengadakan workshop lainnya dengan tema dan sesi yang berbeda, seperti sesi jurnalistik, memasak, berkebun, dan lain-lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here