Menjelang perayaan Tahun Baru China atau yang lebih di kenal dengan istilah Imlek, sebagian besar warga keturunan Tionghoa tengah disibukan dengan berbagai persiapan. Beragam persiapan tersebut di mulai dari dekorasi dan pernak-pernik khas Imlek, hingga persiapan sajian khas Imlek yang kerap kali hadir di meja makan. Salah satu sajian khas Imlek yang mungkin tidak banyak disajikan ialah Teripang. Sajian Teripang ini memang kerap kali kalah populer dengan ragam kue keranjang dan lainnya, namun pada sajian Teripang ini ternyata kaya akan manfaat bagi kesehatan loh.

Teripang merupakan hewan yang mendapat julukan timun laut oleh masyarakan Indonesia. Bentuknya yang memang sedikit menyeramkan ini nyatanya menjadi salah satu sajian khas Imlek dengan beragam manfaat loh. Bahkan, mendekati hari raya Imlek, harga Teripang bisa melonjak hingga tiga kali lipat dari biasanya. Biasanya Teripang di jual dalam 2 jenis, yakni Teripang Basah dan Teripang Kering.

Setiap makanan yang tersaji khas Imlek ini memang memiliki makna dan arti tersendiri. Sama seperti Teripang, sajian ini memiliki makna sebagai simbol kehidupan agar lebih baik di tahun berikutnya. Masyarakat Tionghoa biasanya menyajikan Teripang dengan cara di tumis dengan saus bawang putih yang diberi pelengkap jamur sebagai topping.

Meski bentuknya sedikit menyeramkan, faktanya Teripang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan kesehatan loh. Bahkan manfaat Teripang ini sudah dirasakan dan digunakan oleh orang Asia sejak berabad-abad lamanya. Teripang mengandung asam amino jenis glycine, dimana jenis ini menandakan bahwa Teripang makanan yang ramah berat badan. Tidak hanya itu saja, dalam seekor Teripang banyak mengandung protein dengan kadar yang tinggi namun rendah lemak.

Manfaat Teripang bagi kesehatan juga sangat baik bagi para penderita diabetes. Pasalnya Teripang bisa menstabilkan kadar gula darah, sehingga baik di konsumsi untuk para penderita diabetes. Bukan hanya itu saja, Teripang juga bisa menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kepadatan tulang, dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga:Imlek Sebentar Lagi, Yuk Meriahkan Dengan Makanan Set Menu Spesial Dan Barongsai!

Melansir dari kumparan, hewan laut ini juga memiliki kandungan triterpene glikosida, yang memiliki sifat antijamur, antitumor dan meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk mencegah osteoarthritis atau radang sendi, mengkonsumsi Teripang merupakan salah satu cara mencegah dan membantu menstabilkan sendi khususnya pada bagian tulang rawan.

Bagi masyarakat keturunan Tionghoa, mengkonsumsi Teripang bukanlah hal baru. Selain sebagai pelengkap dan makanan khas Imlek, hewan laut dengan bentuk yang sedikit menyeramkan ini memiliki kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kerang-kerangan, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi Teripang ya. Hal ini lantaran Teripang masih masuk ke dalam kategori kerang-kerangan. Tertarik untuk menumis Teripang bersama saus dan jamur?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here