Kue lapis legit khas Indonesia telah ditetapkan sebagai salah satu kue tradisional terlezat di dunia, pernyataan ini dikutip dari situs berita CNN. Tetapi, dari mana sebenarnya kue lapis legit berasal? Apakah benar lapis legit adalah kue basah asli Indonesia?

Lapis legit adalah kue yang terbuat dari rempah-rempah asli Tanah Air, seperti kayu manis, bunga pala, adas, dan cengkeh. Bahan campuran lainnya adalah puluhan butir telur, mentega, dan tepung.

Ternyata, tak hanya tampilannya saja yang berlapis-lapis, asal usul kue lapis legit pun cukup berliku dan berlapis-lapis meski pun kue ini sudah eksis sebelum Indonesia merdeka. Kue lapis legit memiliki nama lain yaitu spekkoek. Spekkoek berasal dari Bahasa Belanda yang berarti kue berlemak yang memiliki seribu lapis, oleh sebab itu mengapa bahan-bahan pembuatan lapis legit dipenuhi oleh telur dan mentega yang berlemak dalam jumlah banyak.

Sajian Kue Lapis Legit

Mengapa dinamakan kue lapis legit, karena kue ini terbuat dari adonan yang disusun berlapis-lapis hingga 18 layer atau lapisan. Banyaknya lapisan kue pada lapis lepit membuat tingkat kesulitan dan waktu pembuatannya jadi cukup lama, sehingga kue lapis legit terkenal sebagai kue mahal.

Lantas, dari manakah sebenarnya kue lapis legit berasal? Faktanya, kue lapis legit diciptakan pertama kali oleh orang Belanda dengan menggunakan bahan-bahan rempah asli Indonesia. Namun ada juga yang mengatakan kue lapis legit adalah kue asli ciptaan orang Indonesia yang terinspirasi dari kue Belanda dan dimodifikasi dengan menggunakan bahan rempah Indonesia.

Eits, tidak selesai sampai disitu. Berdasarkan sebuah cerita dari etnis Tionghoa, kue lapis legit merupakan kue yang resepnya warisan dari nenek moyang mereka ketika dijajah Belanda ratusan tahun yang lalu. Itulah mengapa hingga saat ini orang Tionghoa menjadikan kue lapis legit sebagai makanan khas perayaan di hari Imlek yang wajib ada.

Cukup berlapis-lapis bukan asal usul kue lapis legit ini? Entah yang mana yang benar, tak akan pernah merubah cita rasa kue lapis legit yang manis dan lembut dengan perpaduan rasa rempah-rempah Indonesia yang dipadu dengan manisnya kue lapis legit. Kalau kamu, lebih yakin dengan asal usul versi yang mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here