Ketika mengalami sulit buang air besar beberapa orang pasti akan langsung mencari buah-buahan segar agar bisa memperlancar. Tapi ternyata, ada juga lho buah yang ternyata bisa menyebabkan sembelit. Apa saja ya kira-kira? Yuk di cek supaya kamu nggak salah pilih buah untuk memperlancar pencernaan;

  1. Pisang. 

Buah yang kaya akan vitamin C dan karbohidrat serta baik untuk kecantikan ini ternyata tidak baik di konsumsi  dalam jumlah banyak, karena dapat menyebabkan sembelit. Dalam buah pisang terdapat senyawa Fruktosa, Glukosa, dan Sukrosa. Ketiga senyawa tersebut sejenis dengan gula, dan salah satu penyebab sembelit adalah makanan berlemak dan mengandung gula. Oleh karena itu, kamu jangan makan buah pisang lebih dari dua dalam sehari ya!.

  1. Lengkeng. 

Siapa yang tak suka buah bulat kecil dan manis ini? Lengkeng adalah buah asli khas Myanmar, namun seiring waktu berlalu buah lengkeng menyebar ke seluruh penjuru daratan Asia, termasuk ke Indonesia. Namun siapa yang menyangka, mengonsumsi buah lengkeng secara berlebihan dapat memicu sembelit.

  1. Leci.

Sekilas, jika dilihat dari tampilan luar leci mirip dengan buah stroberi, kecil bulat dan berwarna merah. Tapi, bagian dalam buah leci mirip dengan buah lengkeng. Berdaging lembut dan memiliki rasa manis yang khas. Meski kandungan vitamin C dalam leci cukup tinggi, kamu tetap harus waspada. Buah ini pun bisa menyebabkan gejala sembelit. Hal itu dikarenakan setiap 100 gram leci hanya memiliki 1,3 gram serat, tetapi kaya akan gula.

  1. Durian.

Durian memiliki julukan sebagai raja buah dari segala macam buah. Lebih dari separuh orang di dunia ini pasti menyukai durian karena teksturnya lembut dengan rasa manis dan aroma harumnya yang khas. Meski kamu pecinta buah durian, tetap saja kamu harus mengatur jumlah konsumsi durian. Kalau terlalu banyak bisa menyebabkan susah buang air besar karena durian mengandung banyak lemak.

  1. Salak.

Menurut studi dari ahli nutrisi, salak merupakan buah yang baik untuk di konsumsi. Namun, para ahli nutrisi sangat menyayangkan cara orang-orang dalam mengonsumsi buah salak. Sebagian besar dari mereka memilih untuk mengupas kulit ari di permukaan dagingnya. Padahal, di kulit ari itulah terdapat kandungan serat.

  1. Apel.

Apel merupakan salah satu buah penyebab sembelit yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Bentuknya bulat dengan warna kulit merah atau hijau. Meski bertekstur keras, buah ini memiliki rasa manis dan enak. Buah apel banyak mengandung gula, kandungan ini lah yang dapat menyebabkan sembelit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here