Konon katanya, mencuci bahan makanan sebelum dimasak adalah hal yang wajib agar bahan makanan bersih dari kuman dan sisa pestisida yang masih menempel. Tetapi, apakah kamu semua sudah tahu kalau ternyata ada beberapa jenis bahan makanan yang tidak perlu dicuci. Dan malah ada pula jenis makanan yang malah jadi berbahaya ketika dicuci, mau tahu apa saja? Yuk simak di bawah ini 6 jenis makanan yang tidak perlu dicuci sebelum dimasak;

  1. Ayam dan Ikan

Mencuci ayam dan ikan mentah di wastafel bisa meningkatkan resiko keracunan makanan karena bakteri campylobacter yang tersebar ke seluruh bagian dapur ataupun talenan dari percikan air yang menetes dari proses pencucian ayam dan ikan, bahkan bisa menyebarkan penyakit langsung ke orang tersebut. Cara terbaik untuk membunuh bakteri pada ayam dan ikan adalah dengan tidak mencucinya sebelum dimasak, tetapi langsung saja memasaknya dalam rebusan air dengan suhu 74 derajat celcius. Setelah direbus, tiriskan ayam atau ikan baru Anda bisa langsung memasaknya sesuai dengan keinginan.

Baca juga: Duel Nasi Goreng Keliling, Tek Tek vs Dog Dog!

  1. Daging Merah

Selain sama berisikonya seperti mencuci ayam atau ikan, mencuci daging merah dapat memengaruhi kualitas makanan Anda. Cara terbaiknya, tepuk-tepuk daging merah dengan handuk kertas untuk menghilangkan kelembaban berlebih sebelum memasak dan selalu merendam daging di lemari es untuk mencegah cairan bumbunya terciprat ke atas meja atau makanan lain.

  1. Jamur

Jamur termasuk ke dalam jenis sayuran yang sangat menyerap air dan sulit kering. Mencuci jamur akan membuat bahan makanan ini menyedot air dalam jumlah besar yang kemudian dapat membuat hidangan jadi basah. Cara bersihkan jamur yang benar adalah mengelapnya dengan lap kertas yang kering dan kibaskan kotoran agar terlepas, bukan dengan mencucinya dengan air.

  1. Salad Kemasan

Saat Anda membeli salad kemasan, tidak perlu lagi untuk mencucinya. Karena biasanya, salad dalam kemasan sudah dicuci dengan air bersih yang dicampur dengan cairan pembersih makanan yang berkualitas. Jadi, Anda tidak perlu repot mencucinya dua kali dengan air.

  1. Pasta

Jangan pernah mencuci pasta sebelum atau sesudah dimasak, apabila Anda mencuci pasta justru kandugan pati dalam pasta bisa keluar. Kandungan pati inilah yang dapat membuat saus menempel pada pasta dan memberikan rasa yang sempurna. Kebayang kan nantinya pasta jadi tidak enak karena Anda mencucinya dengan air, lebih baik jangan dicuci agar kandungan pati tetap sempurna berada didalam pasta.

Baca juga: Ayam Geprek, Makanan Hits Yang Ternyata Berasal dari Yogyakarta

  1. Beras

Kebiasaan orang Indonesia mencuci beras sebelum dimasak sebenarnya bertujuan untuk membersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Namun, mencuci beras juga dapat menghilangkan beberapa pati alami yang melapisi permukaannya. Lebih baik bersihkan beras dalam keadaan kering tidak diberi air, Anda akan lebih mudah untuk mengambil gabah atau sisa kotoran yang masih ada dalam beras. Setelah beras bersih, baru Anda bisa mencucinya dengan air satu kali cuci saja agar kandungan gizi dalam beras tidak hilang akibat dicuci berkali-kali.

1 COMMENT

  1. Maaf kl beli ikan atau ayam di pasar atau di tukang sayur kan suka kotor ikan atau ayamnya terus apa gak ancur ikan nya kl di rebus?

    Kalau belinya di super market siih iya ayam atau ikan udah bersih dan yg saya pernah liat di supermarket juga suka di cuci ayam atau ikannya …
    Karna kalau ayam di rebus dulu baru di masak suka jadi beda rasa ayamnya itu menurut saya ya…

    Terima kasih ya infonya bermanfaat buat saya jadi pengen tau kl ikan di rebus dulu hasilnya gimana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here