Warung makan tradisional Ayam Goreng Mbok Berek dan Ayam Goreng Ny. Suharti memang menjadi makanan tradisonal yang mampu bersaing ditengah munculnya berbagai kedai franchise asal Amerika. Keberadaannya ditengah-tengah persaingan waralaba Amerika ini tak membuat keduanya ditinggal oleh para pelanggan. Tahukah Anda kalau ternyata Ayam Goreng Mbok Berek dan Ayam Goreng Ny. Suharti ini masih memiliki hubungan keluarga?

Berasal dari kota gudeg, Yogyakarta, nama Mbok Berek ini berasal. Sebut saja Nyi Rame, yang memiliki 6 orang anak dengan karakter berbeda-beda. Salah satu anak dari Nyi Rame ini dikenal dengan sikapnya yang rewel, senang menangis hingga menjerit-jerit. Dalam istilah jawa dikenal dengan berek-berek. Sejak saat itulah nama Nini Ronodikromo atau Nyi Rame dikenal sebagai Mbok Berek.

Sementara resep ayam gorengnya ia peroleh dari seorang kakek tua yang mampir ke warungnya. Saat itu Mbok Berek menerima pelanggan kakek tua yang kelelahan, sehingga Mbok Berek berinisiatif untuk mengambilkannya air dengan sebelumnya kakek tua itu menanyakan apa yang Mbok Berek jual.

Kakek tua itu pun memberikan petuah tentang resep ayam goreng yang lezat kepada Mbok Berek. Saat Mbok Berek mengambil air untuk kakek tua tersebut, ternyata kakek itu sudah pergi. Hingga kini resep dan petuah dari kakek tua tersebut menjadi resep rahasia ayam goreng Mbok Berek.

Jika kita melihat megahnya warung makan Ayam Goreng Mbok Berek saat ini, sebenarnya tempat itu sudah diturunkan ke putra-putri dan juga cucunya. Usaha tersebut dijalani oleh Ny.Umi, yang kemudian mematenkan nama Mbok Berek pada tahun 1972.

Warung makan ini pun berkembang pesat hingga menjadi sebuah restoran yang memiliki cabang diberbagai daerah. Meski sudah memiliki nama dan pelanggan tetap, Ayam Goreng Mbok Berek ini sempat ditiru oleh beberapa oknum yang memanfaatkan nama Mbok Berek.

Hingga muncul sebuah nama Ayam Goreng Ny.Suharti, yang semula juga menggunakan nama Mbok Berek. Sebenarnya keluarga besar dari Mbok Berek melarang siapapun untuk menggunakan nama Mbok Berek sebagai tempat usaha. Namun karena Ny. Suharti masih terikat darah oleh keluarga Mbok Berek, akhirnya nama itu pun boleh digunakannya.

Pada tahun 1972 pun Ny. Suharti memutuskan untuk merubah nama restorannya menggunakan namanya sendiri. Restoran tersebutlah yang sekarang dikenal dengan nama Ayam Goreng Ny.Suharti. Baik Ayam Goreng Mbok Berek maupun Ayam Goreng Ny. Suharti ini sama-sama memiliki cita rasa yang lezat.

Keduanya sama-sama menggunakan bahan-bahan berkualitas, serta kaya akan rempah. Pemilihan ayam pun juga sangat diutamakan. Keduanya menggunakan ayam kampung demi mempertahankan cita rasa khas restorannya. Terbukti hingga kini Ayam Goreng Mbok Berek dan Ayam Goreng Ny. Suharti masih eksis dan mampu bersaing dengan waralaba lainnya. Bahkan Ayam Goreng Mbok Berek menjadi salah satu menu favorite Presiden Soekarno dan para pejabat negara kala itu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here