Metabolisme tubuh kita setiap harinya menghasilkan energi yang diperlukan untuk aktifitas dan berbagai fungsi tubuh. Pada dasarnya, energi di dapat dari Glukosa yang bersumber dari makanan sehari-hari. Namun, dalam keadaan tertentu, proses metabolisme untuk menghasilkan energi juga dapat menggunakan lapisan lemak yang berada di dalam tubuh. Hal ini dikenal dengan istilah ketosis.

Baca Juga : Mau Detox Tubuh dan Turunkan Kolestrol? Manfaatkan Serai yang Kaya Khasiat

Kebanyakan orang biasanya mengurangi konsumsi nasi untuk memperlancar program diet yang sedang dijalani, nasi putih kerap kali diganti dengan makanan berkarbohidrat lain yang memiliki kalori rendah. Mengurangi konsumsi nasi dipercaya bisa membuat tubuh terasa lebih sehat, berikut ini tim kabarsidia.com sudah merangkum beberapa manfaat yang dirasakan tubuh ketika mulai mengurangi konsumsi nasi;

  1. Mengurangi Resiko Alergi.

Ada beberapa orang yang mengalami alergi karena memakan nasi putih. Mengurangi konsumsi nasi putih secara otomatis akan mengurangi risiko munculnya alergi yang biasanya muncul dengan gejala seperti gatal-gatal, bersin, dan sesak napas.

  1. Mengurangi Resiko Obesitas.

Selain mengurangi risiko alergi, mengurangi konsumsi nasi juga dapat mengurangi risiko obesitas. Nasi putih yang dikonsumsi akan berubah menjadi energi. Namun, jika tubuh kurang bergerak dan malas berolahraga, maka nasi akan berubah menjadi lemak dan membuat berat badan naik yang dapat menyebabkan obesitas apabila berlebihan.

  1. Menjadikan Pencernaan Lebih Lancar.

Kebiasaan tidak mengonsumsi nasi putih akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Pasalnya, karbohidrat yang terkandung dalam nasi putih dapat menyebabkan munculnya gangguan pencernaan jika dikonsumsi terus menerus.

  1. Menjaga Kadar Gula Darah Dalam Tubuh.

Mengurangi konsumsi nasi juga bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh karena tingginya indeks glikemik pada nasi dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Karena itu, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi nasi putih, terutama pada penderita diabetes melitus.

Ternyata cukup bermanfaat juga ya bagi tubuh apabila kita mulai mengurangi konsumsi nasi putih. Membuat tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar. Namun, meskipun demikian nasi putih juga memiliki manfaat yang juga tak kalah penting. Mengkonsumsinya secara tepat dan dalam porsi cukup akan jauh lebih penting daripada tidak makan nasi sama sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here