Mendengar nama Stephen King tentu tidak lepas dari karya-karyanya yang luar biasa. Sebut saja The Shining (1980), Childern of the Corn (1984), hingga Shawsank Redemption (1994). Namun, ada satu karya dari Stephen yang juga tak kalah kerennya. The Green Mile (1999) yang menjadi salah satu karya terbaik dari Stephen King.

The Green Mile (1999) merupakan film adaptasi yang diambil dari salah satu novel milik Stephen King. Salah satu aktor yang berperan dalam film ini adalah Tom Hanks, yang juga merupakan aktor terbaik peraih 2 Oscar.

Film ini bercerita tentang seorang sipir bernama Paul Edgecomb (Tom Hanks) yang ditugaskan untuk menjaga Blok E, dimana bagian ini berisikan narapidana yang dijatuhkan hukuman mati. Tugas utama dari Paul ialah menjaga para narapidana untuk tetap tertib hingga waktu eksekusi hukuman matinya tiba.

Para narapidana yang akan di hukum mati itu nantinya akan ditempatkan di sebuah ruangan dengan Old Sparky atau kursi listrik. Semua kegiatan dan penjagaan tergolong aman dan baik-baik saja, hingga pada akhirnya tahanan tersebut kedatangan tamu baru.

Tamu baru itu ialah John Coffey (Michael Clarke Duncan), seorang pria berkulit hitam dengan tubuh yang tinggi dan berotot. Kehadiran John ke dalam tahanan yang di jaga oleh Paul ini dianggap sebagai sebuah ancaman terbesar lantaran ia berkulit hitam dan bertubuh tinggi.

John dijatuhi hukuman mati setelah mendapat tuduhan telah membunuh dua orang anak perempuan. Sebelum eksekusi hukumannya hadir, tuduhan terhadap dirinya ini pun sempat diselidiki ulang. Namun sayang, John yang saat tertangkap kedapatan tengah menangis sambil memeluk salah satu anak perempuan itu pun tidak mendapat keringanan. Sepucuk senjata tajam pun berada tepat disampingnya.

Meskipun demikian, John tidak pernah memiliki latar belakang kriminal dan selalu bersikap baik kepada masyarakat sekitar. Banyak orang sekitar yang sedih atas tuntutan hukuman yang diberikan kepada John. Selama hidup dan menunggu masa hukumannya tiba, John pun juga selalu berkelakuan baik.

Frank Darabont selaku sutradara dari film The Green Mile ini bisa dibilang sebagai sutradara sukses dalam memilih aktor dan para pemain lainnya. Kemistri dari Tom Hanks dan juga Michael Duncan terlihat sangat natural. Bahkan film ini berhasil masuk ke beberapa nominasi penghargaan, salah satunya Academy Awards (Oscar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here