Film horror bertema Vampire menjadi film horror favorit semenjak Twilight Saga sukses “menghisap” penonton muda di 2008 – 2012.

Sebelum Twilight Saga, film Buffy : The Vampire Slayer (Kristy Swanson – Luke Perry) juga pernah hits di 1992 sampai di bikin serial TV nya selama 7 musim, nama Sarah Michelle Gellar pun ikut populer berkat TV seri ini.

Lalu yang terbaru, serial True Blood nya Anna Paquin, menjadi serial vampire favorit penonton TV di era 2000an.

Di 1987 ada film horror yang juga bertema sama dengan Twilight namun (jauh) berbeda gaya, The Lost Boys. Vampire di The Lost Boys adalah sekumpulan genk berandalan, naik motor gede, rambut ala ala anak punk plus (dan ini yang paling keren menurut gue) pakaian mereka cool banged.

Jadi mereka bukan sekumpulan vampire pakaian rapih, berwajah mulus dengan senyum manis. No way. Kalo bosen lihat vampire yang bergaya cowok manis dan pengin liat vampire dengan gambaran “Bad Boys”, kelian harus nonton film ini.

Film ini bercerita tentang dua remaja cowok bersaudara, Michael dan Sam Emerson (Jason Patric dan Corey Haim) yang baru saja pindah ke kota fiktif bernama Santa Carla, di California. Sam lalu bertemu dan berteman dengan Edgar dan Alan Frog (Corey Feldman dan Jason Newlander), di sebuah toko komik.

Michael sementara itu tertarik pada cewek bernama Star (Jamie Gertz) yang ternyata dekat dengan kepala genk motor, David (Kiefer Sutherland) – yang sebenarnya adalah vampire. Ketika Michael ikut bersama genk motor ke sebuah tempat mereka berkumpul, ia meminum sebotol minuman yang tanpa disadarinya ternyata adalah darah vampire. Michael pun mulai mengalami kejadian-kejadian aneh pada dirinya. Ia lebih sering tidur di siang hari, dan bangun di malam hari.

Sam dan Frog bersaudara pun mulai menyadari apa yang terjadi pada Michael. Mereka pun bertekad membasmi kawanan vampire sambil berusaha menyembuhkan Michael dan menyelamatkan Star.

Tagline film ini  – sangat pas dengan plot cerita dan kengerian yang ada di film ini – menjadi salah satu tagline film paling keren, “Sleep all day. Party all night. Never grow old. Never die. It’s fun to be a vampire”.

Penampilan para pemain muda yang keren adalah alasan film ini hits dan menjadi classic, tontonan wajib buat penggemar horror. Paling menonjol adalah performance Kiefer Sutherland sebagai kepala genk motor sekaligus vampire bengis, dan mengerikan.

Kiefer Sutherland berperan sangat menyeramkan sebagai pemimpin vampire, David. Image : Rotten Tomatoes.com

The Lost Boys di garap oleh Joel Schumacher, sutradara Amerika berdarah Jerman, setelah produser film ini Richard Donner, yang awalnya akan menyutradarai, memberikan kursi sutradara kepada Joel. Donner sendiri akhirnya menggarap Lethal Weapon bersama Mel Gibson.

Nama Lost Boys sendiri sebenarnya mengacu kepada cerita Peter Pan. Ingat teman-teman Peter Pan di Never Land yang “menolak tua” alias selalu muda..? Lost Boys adalah nama genk Peter Pan yang di jadikan judul film ini, persamaan vampire dan Lost Boys nya Peter Pan adalah mereka ga pernah menjadi tua. Aahh.. keren kan ide nya?

Film ini penuh nuansa fashion, gaya serta musik keren dari tahun 80’an, The Lost Boys bisa dibilang mempunyai semua element yang membuat film ini menjadi pop culture phenomena sepanjang masa dan bisa dibilang sebagai trend setter di tahun 80’an. Jaket warna warni yang dipakai Marko (Alex Winter) menjadi terkenal banyak yang menyukai dan ingin memiliki jaket itu, entah buat dipakai sehari-hari atau saat Halloween.

Duo Corey pun “lahir” di film ini, setelah membintangi The Lost Boys film-film yang mereka bintangi bersama berikutnya langsung selalu menjadi film laris di Hollywood dan Internasional.

Josh Whedon (sutradara Avengers), saat membuat Buffy : The Vampire Slayer, mengakui mendapatkan banyak inspirasi dari The Lost Boys, bahkan sutradara legendaris Steven Spielberg pun membuat poster film terbarunya di 2018, Ready Player One, meniru poster The Lost Boys, sebagai tribute untuk film The Lost Boys.

Kiri : poster Ready Player One. Kanan : poster The Lost Boys. Image : BloodyDisgusting.com

Satu fakta lagi dari film ini, Ben Stiller ternyata hampir bergabung bersama Kiefer Sutherland dan kawan kawan. Ben mengatakan, saat usianya masih muda dia pernah mengikuti audisi, yang ternyata disana ada Kiefer Sutherland dan Duo Corey yang turut ikut audisi. Namun Ben gagal mendapatkan peran.

Iissshh…jadi kepingin nonton lagi film ini…seru-seruan nostlagia ngeliat nuansa 80’an yang kece ituh.

 

 

 

 

 

The Lost Boys cast :

  • Jason Patric – Michael Emerson
  • Corey Haim – Sam Emerson
  • Dianne Wiest – Lucy Emerson
  • Barnard Hughes – Grandpa
  • Edward Herrmann – Max
  • Kiefer Sutherland – David
  • Jami Gertz – Star
  • Corey Feldman – Edgar Frog
  • Jamison Newlander – Alan Frog
  • Brooke McCarter – Paul
  • Billy Wirth – Dwayne
  • Alex Winter – Marko

Sutradara : Joel Schumacher

Produser : Harvey Bernhard, Richard Donner

Penulis Skrip : Janice Fischer, James Jeremias, Jeffrey Boam

Musik : Michael Chapman

Editing : Robert Brown

Produksi : Warner Bros.

Release : 31 Juli 1987

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here