Sebuah film karya Jonathan Demme yakni The Silence of The Lambs, sempat merajai panggung Academy Awards (Oscar) pada tahun 1992. Film yang menceritakan tentang kehidupan seorang psikiater yang ternyata juga seorang pembunuh ini sempat tayang dan berkibar di tahun 1991.

The Silence of The Lambs merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel karya Thomas Harris. Film yang berhasil memenangkan 5 penghargaan Oscar ini dibintangi oleh Jodie Foster dan juga Anthony Hopkins.

Secara garis besar film ini menceritakan tentang perjalanan seorang agent FBI, Clarice Starling (Jodie Foster) yang mendapatkan sebuah tugas untuk mewawancarai seorang psikiater, Hannibal Lecter (Anthony Hopkins). Tugas yang diterima oleh Clarice ini merupakan utusan dari atasannya, Crawford (Scott Glenn).

Dalam menjalankan tugasnya untuk bertemu Hannibal, Clarice harus berjuang lebih keras agar dapat mengungkapkan kasus pembunuhan yang merenggut banyak nyawa. Hannibal sendiri digambarkan sebagai sosok psikiater yang juga memiliki kepribadian ganda. Ia dikenal sebagai pembunuh yang sadis dan juga seorang kanibal. Bahkan selama di dalam sel penjara, Hannibal ditempakan dalam satu lorong yang sama dengan para kriminal lainnya yang memiliki perilaku abnormal.

Untuk mengungkap pembunuhan berantai ini, Clarice harus bertemu dengan Hannibal. Pasalnya, pelaku utama dari pembunuhan ini adalah mantan murid dari Hannibal, Buffallo Bill. Buffallo dikenal sebagai pembunuh sadis yang juga sempat menahan putri dari Senator Amerika Serikat Ruth Martin, Catherine Martin.

Film menegangkan dan penuh dengan teka-teki ini berhasil memborong piala penghargaan dalam ajang Academy Awards. Sedikitnya 5 piala penghargaan berhasil diborong oleh film The Silence of The Lambs. Bahkan Anthony Hopkins berhasil meraih penghargaan sebagai Best Actor tahun 1992. Bukan hanya itu saja, The Silence of The Lambs juga menyabet penghargaan untuk kategori Best Picture, Best Actress, Best Director dan Best Adapted Screenplay.

Berkat kesuksesan film The Silence of The Lambs ini pula muncul film sekuel yang menceritakan tentang Hannibal Lecter. Sebut saja film Hannibal (2001), Red Dragon (2002), dan juga Hannibal Rising (2007).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here