Siapa yang menyangka celana cutbray yang selama ini menjadi ikon fashion dari tahun ke tahun ternyata bukan berasal dari dunia fashion lho! Celana cutbray muncul pada tahun 1970an, sempat menjadi tren fashion yang disukai kalangan muda dan tua, laki-laki dan perempuan. Celana cutbray pertama kali ternyata tidak ada hubungannya sama sekali dengan fashion, celana cutbray awalnya muncul justru untuk memudahkan para pekerja kapal ketika menggulung celana.

Pada abad ke-17, petugas kebersihan kapal merasa kesulitan ketika harus menggulung celana saat hendak mencuci kapal. Akibatnya, ujung celana yang sempit membuat ritme kerja mereka jadi terganggu. Karena itu diciptakanlah celana dengan ujung melebar yang bisa memudahkan para pekerja menggulung celana. Celana cutbray akhirnya menjadi sangat diminati oleh masyarakat luas karena celana ini juga sangat nyaman ketika dipakai.

Celana cutbray semakin populer di era tersebut, sampai-sampai menjadi ciri khas dari gaya penampilan penyanyi Elvis Presley. Walaupun pada awalnya celana cutbray dibuat untuk memenuhi kebutuhan para pekerja kapal, celana ini akhirnya menjadi salah satu fashion icon di tahun 70-an. Pada era modern pun, celana cutbray masih selalu identik dengan gaya ala Elvis Presley.

Tetapi setelah tahun 70, yaitu sekitar tahun 80-an tren celana cutbray sempat ‘mati suri’ dan digantikan dengan tren celana jeans Baggy. Celana Baggy atau yang juga dikenal dengan sebutan hareem pants adalah celana dengan model agak besar di paha, dan menyempit di bagian lutut ke bawah.

Celana ini sempat populer di era 80-an. Celana baggy juga sering disebut dengan sebutan celana alladin, karena memang modelnya yang terinspirasi dari gaya celana timur tengah yang diangkat dalam cerita alladin. Ke populeran celana baggy pada tahun 80 mampu menggeser keberadaan celana cutbray sampai celana cutbray mengalami masa mati suri di era 80-an.

Namun celana cutbray kembali bangkit pada tahun 90. Ketika celana cutbray muncul kembali pada tahun 90, celana cutbray menjadi tren dari tahun ke tahun hingga sekarang. Celana cutbray menjadi sangat diminati khususnya oleh para perempuan, para selebriti Hollywood pun tidak ketinggalan untuk memakai celana cutbray sebagai gaya penampilan mereka sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here