Penggunaan toilet bagi kehidupan sehari-hari terbagi atas dua jenis yakni toilet duduk dan toilet jongkok. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, menggunakan toilet duduk mungkin sudah bukan hal asing bagi kehidupan, terlebih keberadaan toilet duduk yang menjadi fasilitas umum di banyak tempat. Namun, apakah keberadaan toilet duduk mengalahkan toilet jongkok?

Menggunakan toilet duduk bukan berarti Anda ketinggalan jaman. Dengan menggunakan toilet jongkok, Anda akan mendapatkan banyak manfaat yang tidak bisa didapatkan dari penggunaan toilet duduk, salah satunya baik bagi kesehatan.

Memang menggunakan toilet jongkok tergolong kuno atau ketinggalan jaman. Tetapi dengan toilet jongkok ini justru akan membantu melancarkan proses buang air besar (BAB), dibandingkan menggunakan toilet duduk.

Meskipun penggunaan toilet duduk memperlambat proses BAB, namun bagi para lansia, wanita hamil, hingga penderita cidera lutut lebih efisien dan bermanfaat dari pada toilet jongkok. Tetapi kembali lagi dengan resiko yang ditimbulkan dari penggunaan toilet duduk. Dengan kesulitan melakukan BAB ini nantinya bisa menimbulkan penyakit seperti wasir.

Bukan hanya itu saja, penggunaan toilet duduk juga lebih rentan terkena bakteri. Hal ini lantaran toilet duduk mengharuskan pengguna bersentuhan langsung dengan permukaan kloset. Banyaknya bakteri yang hinggap di permukaan kloset itulah yang juga akan mengakibatkan timbulnya penyakit mulai dari flu, infeksi kulit hingga diare.

Lalu bagaimanakah meminimalisir bahaya jika toilet duduk sudah terpasang di rumah Anda? Pertama Anda tidak perlu membongkar dan mengganti toilet duduk dengan toilet jongkok. Biarkan saja toilet duduk tetap terpasang di toilet rumah Anda.

Langkah selanjutnya adalah dengan membeli bangku pendek untuk diletakan di bawah kaki. Hal ini bertujuan untuk menopang beban kaki dan membuat otot-otot kaki lebih rileks dan nyaman. Terlepas dari kekurangan dan kelebihan masing-masing model toilet ini, apakah Anda masuk ke dalam tim toilet jongkok atau tim toilet duduk?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here