Meski tidak menggangu kesehatan, penampilan bisa kurang maksimal karena bekas jerawat. Karena itu, banyak orang yang berusaha untuk mengatasinya dengan berbagai hal. Jika Anda salah satu orang yang ingin melakukan hal yang sama, cobalah cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat ini.

Asam Salisilat

Usahakan untuk memilih produk perawatan kulit yang mengandung Asam Salisilat. Jenis bahan ini mampu membersihkan kotoran dikulit. Artinya, penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat bisa dihindari. Asam Salisilat juga bisa mengurangi kemerahan secara rutin supaya bekas jerawat bisa hilang.

Retinoid

Selain Asam Salisilat, retinoid juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, retinoid juga berfungsi untuk mempercepat regenerasi sel, peradangan kulit, dan kemunculan jerawat. Namun, penggunaan retinoid membuat kulit Anda sensitive terhadap sinar matahari. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen saat melakukan kegiatan di luar ruangan. Menggunakan alat pelindung lain, seperti topi atau kacamata hitam, juga bisa Anda lakukan.

AHA

AHA atau Alpha Hydroxy Acid mampu mengangkat sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori-pori. Saat menggunakan produk perawatan yang terbuat dari AHA secara rutin, sel kulit baru yang lebih cerah akan lebih mudah muncul.

Asam Laktat

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat juga bisa Anda lakukan dengan memakai asam laktat. Selain bisa mencerahkan dan mengangkat sel kulit mati, asam laktat juga berfungsi untuk melembutkan kulit sehingga teksturnya menjadi lebih halus.

Meski demikian, asam laktat bisa menyebabkan hiperpigmentasi yang justru membuat kulit berwarna gelap. Untuk menghindari efek tersebut, Anda bisa mencoba asam laktat di daerah kulit tertentu sebelum menggunakannya di seluruh wajah.

 

Bahan Alami

Bekas jerawat bisa dihilangkan dengan bahan-bahan alami, beberapa diantaranya adalah minyak kelapa, lidah buaya, madu, dan air lemon. Meski demikian, Anda perlu hati-hati ketika menggunakannya untuk menghindari iritasi dan efek samping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here