Berapa pun usia Anda, jangan coba-coba olahraga tanpa pemanasan terlebih dahulu. Olahraga yang dilakukan tanpa pemanasan dapat menyebabkan nyeri otot, pemanasan sebelum olahraga ternyata sangat penting karena tubuh tetap perlu menyesuaikan diri sebelum melakukan aktifitas yang berat daripada biasanya.

Sebelum melakukan olahraga otot tubuh berada dalam kondisi rileks, kalau Anda langsung berolahraga tanpa pemasanan otot akan kaget dan dapat menyebabkan cedera ringan atau bahkan kram otot. Otot yang kram akan terasa sakit seperti tertarik dan terjepit sehingga dapat mengganggu aktifitas olahraga yang ingin Anda lakukan.

Sebaiknya lakukan pemanasan selama 10-15 menit sebelum Anda memulai olahraga. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh ketika melakukan pemanasan sebelum olahraga;

  • Mencegah Resiko Cedera.

Dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga otot akan terasa lebih lentur dan tidak kaku, Anda bisa langsung melakukan olahraga yang cukup berat seperti angkat beban atau lari ketika sudah melakukan pemanasan. Otot yang lebih lentur dan rileks mampu mencegah terjadinya potensi otot kram, cedera, atau bahkan otot sobek. Otot sobek merupakan cedera serius yang sangat menyakitkan dan membutuhkan proses pemulihan yang cukup lama.

  • Memperlancar Aliran Darah.

Darah dapat mengalir lebih lancar dan menyebarkan suplai oksigen dengan baik ke seluruh tubuh apabila Anda melakukan pemanasan sebelum olahraga. Aliran darah yang lancar pada tubuh dapat meningkatkan performa Anda ketika sedang berolahraga.

  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Persendian.

Pemanasan sebelum olahraga dapat membantu tubuh meningkatkan cairan yang berguna untuk melumasi sendi-sendi sehingga persendian Anda jadi lebih licin dan fleksibel ketika olahraga. Jadi Anda akan terhindar dari korosi dan sendi terkunci selama berolahraga.

  • Mengurangi Asam Laktat Pada Tubuh.

Melakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan sesudah olahraga dapat mengurangi kadar asam laktat yang tertimbun di dalam darah dan otot. Meski tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya dan fatal bagi tubuh, tetapi penumpukan asam laktat dapat menyebabkan nyeri otot ketika Anda tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

  • Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi.

Saat Anda melakukan pemanasan sebelum olahraga, fisik dan pikiran akan menjadi lebih rileks dan tenang. Kondisi ini yang dapat membuat fokus dan konsentrasi Anda meningkat, dan hanya bisa dirasakan saat Anda melakukan pemanasanan terlebih dahulu sebelum memulai olahraga.

Itulah beberapa manfaat pemanasan sebelum olahraga yang bisa Anda rasakan pada tubuh. Lakukanlah pemanasan dengan cara yang benar, ikuti tips pemanasan yang benar agar tidak cedera saat olahraga, apa saja kah itu?;

  1. Jalan kaki.
  2. Putar dan peregangan.
  3. Jogging di tempat atau lari di tempat.
  4. Gerakan jumping jack (Gerakan melompat sambil membuka dan menutup tangan dan kaki).
  5. Squat tanpa beban.

Nah, itu adalah beberapa tips pemanasan yang benar agar tidak cedera saat olahraga, selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here