Makanan khas Bogor dengan bahan dasar toge yakni Touge Goreng atau lazim disebut Toge Goreng ini ternyata memiliki sejarah yang diadobsi dari Tionghoa. Makanan ini muncul berkat perdaganagan Tionghoa yang gemar bergaul dengan warga Eropa. Istilah-istilah yang digunakan pada bahan pembuatan Toge Goreng juga berasal dari bahasa Hokyan, seperti tauto atau tauco.

Dilansir dari Kompas.com, seorang pengamat sejarah Tionghoa di Bogor, Mardi Liem menyebutkan bahwa Tionghoa membawa resep makanan spaghetti yang kemudian dimodifikasi. Jika di Eropa Spaghetti dikenal dengan saus tomatnya yang asam, maka untuk resep toge goreng pun diubah menggunakan tauco. Bagi orang Tionghoa rasa asam dari saus tomat dirasa tidak pas di lidah mereka. Terlebih saat itu makanan ini dibawa ke Indonesia yang tidak akan cocok dengan asamnya saus tomat.

Baca juga: Berawal dari Coba-Coba, Kerak Telor Menjadi Legenda Jajanan Betawi

Penyebaran makanan toge goreng ini pun bermula dari tepi pantai Sunda Barat. Pada saat itu nama yang digunakan bukanlah toge goreng, melainkan toge mi.

Para sekawanan Tionghoa pun mulai menjajakan dagangannya dengan dibantu para asisten yang berasal dari Sunda. Namun karena pada zaman itu berjualan toge dianggap memalukan, akhirnya perkembangannya pun dilakukan oleh para asisten berdarah Sunda.

Hingga kini nama toge goreng pun akan menjadi ciri khas makanan yang berasal dari Bogor, Jawa Barat. Namun dari resep asli yang dibawa oleh Tionghoa, beberapa diubah dan diganti demi memanjakan lidah masyarakat Indonesia.

Bahan dasar pembuatan toge goreng ini pun akhirnya menggunakan oncom, tahu kuning, tauco, toge dan mi. Pada bagian akhir biasanya akan disiram dengan gula aren. Namun pemakaian gula aren pun perlahan diganti dengan penggunaan kecap manis.

Kuah yang disajikan pada makanan toge goreng ini biasanya menggunakan kuah kental dengan bahan dasar oncom yang ditumis serta diberi bumbu. Cara memasak toge goreng ini pun menggunakan kuali serta tungku tradisional.

Baca juga: Riwayat Bakmi Jogja, Cita Rasa Mie Rebus Yang Mendunia

Di Bogor, para pedagang makanan toge goreng ini biasanya menjualnya dengan menggunakan gerobak dorong atau pikulan yang dijual oleh pedagang kaki lima. Tertarik untuk menyantap hidangan lezat khas Bogor ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here