Jaket Tom Cruise dalam film Top Gun: Maverick
Jaket Tom Cruise dalam film Top Gun: Maverick

Setelah sukses mengejutkan penggemar dengan trailer film Top Gun: Maverick, kali ini penggemar kembali dikejutkan dengan perubahan yang terjadi pada jaket bomber yang dikenakan oleh Tom Cruise. Perubahan tersebut mengundang pertanyaan lantaran hilangnya bendera Jepang dan Taiwan di jaket Tom Cruise.

Dalam trailer yang telah dirilis oleh Paramount Pictures pada 18 Juli lalu, nampaknya penggemar sangat jeli dengan perubahan yang terjadi. Perubahan ini tertangkap mata oleh penggemar dengan hilangnya bendera Jepang dan Taiwan di jaket bomber kebanggaan milik Tom Cruise.

Pada film pertama yang tayang di tahun 1986, jaket yang dikenakan oleh pilot jet tempur Amerika Serikat ini terdapat patch dari bendera Jepang dan juga Taiwan. Namun, dalam trailer yang sudah dibagikan tersebut, bendera kedua Negara itu hilang dari jaket bomber andalan Tom Cruise.

Kejanggalan ini pertama kali ditemukan oleh salah seorang wartawan The Globe, Mark MacKinnon. Mark mengunggah sebuah foto yang menampilkan perbedaan patch bagian belakang dari jaket Tom Cruise di akun twitter pribadi miliknya (@markmackinnon).

Di dalam unggahannya tersebut, bendera dari Jepang dan Taiwan diubah menjadi sebuah patch bertuliskan ‘Far East Cruise 63-4’ dan ‘USS Galveston’. Tentu saja perubahan ini mengundang tanya dan kontroversi dari para penggemar.

Berbagai asumsi dan dugaan pun dilontarkan untuk film Top Gun: Maverick. Banyak penggemar menduga perubahan ini terjadi lantaran salah satu perusahaan dari China turut andil dalam proses produksi film Top Gun: Maverick. Perusahaan China itu adalah Tencent Productions.

Keterlibatan Tencent Production dalam film Top Gun: Maverick ini pun kemungkinan menjadi salah satu sebab atas perubahan patch tersebut. Pasalnya hubungan Jepang dan China tidak berjalan dengan baik beberapa tahun belakangan. Hal ini juga diperkuat dengan perselisihan terkait pulau di Laut China Timur.

Selain itu, hubungan China dan Taiwan juga dikenal tidak berjalan baik lantaran pemisahan wilayah yang terjadi pada tahun 1949. Secara garis besar, para penggemar pun menduga dan berasumsi kuat atas keterlibatan Tencent Productions atas perubahan patch di jaket Tom Cruise.

Meskipun demikian pihak Paramount Pictures belum mengkonfirmasi dugaan dan asumsi dari para penggemar. Film Top Gun: Maverick akan dijadwalkan tayang pada tahun 2020 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here