Tragedi Paiton
Tragedi Paiton

Pada tahun 2003 silam di kawasan Banyu Blugur, Situbondo, Jawa Timur, sebuah tragedi mengerikan terjadi. Kal itu Bus yang membawa siswa-siswi SMK Yapemda 1 Sleman mengalami kecelakaan yang mengakibatkan seluruh penumpang meninggal dunia. Tragedi ini pun dikenal dengan nama Tragedi Paiton.

Suka cita para siswa dan siswi yang usai berlibur di Pulau Dewata, Bali harus menjadi kenangan terakhir bagi para siswa-siswi tersebut. Bus yang ditumpangi tersebut mengalami kecelakaan hebat yang menyebabkan bus hangus terbakar.

Kejadiaan nahas tersebut terjadi saat bus pariwisata AO Transportasi AB-2660-CA menuju ke arah Probolinggo. Bus tersebut baru saja usai mengantar para siswa-siswi ke Pulau Dewata Bali untuk berlibur. Saat bus sampai di tanjakan dekat pintu PLTU Paiton, sebuah truk dengan nomor L 8493 F melaju dengan kecepatan tinggi dengan arah yang berlawanan.

Tragedi Paiton
Tragedi Paiton

Akibatnya kecelakaan hebat pun tak terhindarkan. Bus yang membawa siswa-siswi SMK Yapemda 1 Sleman melaju mundur. Sayangnya tepat di belakang bus pariwisata tersebut terdapat sebuah truk pengangkut manga. Bus pun tertabrak truk dari arah depan dan terhimpit oleh truk pembawa mangga.

Kecelakaan diperburuk dengan munculnya percikan api dari badan truk, yang kemudian menjalar hingga badan bus. Siswa-siswi tersebut pun terjebak, tidak bisa menyelamatkan diri. Api semakin berkobar dan melahap badan bus. Keadaan kembali diperburuk dengan tidak adanya alat pemecah kaca dalam keadaan darurat.

Supir dan kernet bus berhasil selamat setelah memecah kaca pada bagian depan dan melompat untuk menyelamatkan diri. Para korban yang dinyatakan tewas pun sulit untuk dikenali lantaran tubuhnya terbakar dan hangus. Bahkan pihak RSUD Situbondo harus mengawetkan jenazah dengan menggunakan es. Hal ini dilakukan karena kapasitas ruang jenazah tidak dapat menampung seluruh korban.

Kejadian ini pun kemudian dikenal dan dikenang sebagai Tragedi Paiton. Tragedi yang menewaskan hampir seluruh penumpang dalam bus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here