Dulu pada jaman kita kecil atau bahkan jaman orang tua kita masih kecil Ucang-ucang Angge menjadi sebuah permaianan yang sangat disukai. Ucang-ucang Angge berasal dari Sunda yang memiliki banyak kebudayaan daerah, cukup banyak sehingga sulit menjabarkan permainan dari Sunda satu-persatu.

Baca Juga : 5 Permen Jaman Dulu yang Paling Sering Diburu. Kamu Suka yang Mana?

Kali ini kabarsidia.com akan sedikit menjelaskan salah satu adat di daerah Sunda yaitu adanya sebuah lagu permainan Sunda yaitu Ucang-ucangan dengan mengayunkan kedua kaki sambil duduk di kursi golodog dan menyanyikan lagu Ucang-ucang Angge. Permainan ucang-ucang angge sangat mudah, yaitu hanya dengan mengayunkan kedua kaki ke depan dan ke belakang beberapa kali. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang dewasa terhadap anak kecil. Hal ini bisa dilakukan salah satunya untuk menghibur anak kecil agak tidak sedih.

Biasanya anak kecil yang duduk di kedua kaki orang dewasa sambil dinyanyikan lagu ucang-ucang angge akan langsung merasa senang, karena permainan ini cukup seru dilakukan bagi anak-anak. Dari jaman dulu, anak-anak sudah sangat menyukai ucang-ucang angge. Bahkan tak jarang anak-anak selalu meminta lagi ‘di ucang-ucang’ hingga beberapa kali.

Mulai dari anak-anak jaman dulu hingga anak-anak jaman sekarang sangat suka permainan ucang-ucang angge. Permainan ini menjadi turun temurun dari orang tua jaman dulu hingga anak-anak sekarang. Gimana dengan kamu? Masih ingat nggak dulu suka di ucang-ucang oleh ibu atau ayahmu?

Untuk sekedar mengembalikan lagi memori masa kecil, lirik lagu ucang-ucang angge di bawah ini bisa membawamu kembali ke masa lalu;

Ucang-ucang angge

Mulung muncang ka parangge

Digogog ku anjing gede

Anjing gede nu pa lebe

Ari gog, gog cungungung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here