Siapa yang kenal dengan mainan unik bernama View Master Viewer? Meski pun namanya sering terdengar asing karena memang mainan ini dibuat di luar negeri, tapi mainan jadul ini populer pada tahun 80-an dan 90-an, kalau versi modernnya kira-kira mirip seperti permainan VR (Virtual Reality) jaman sekarang. Hanya saja, View Master Viewer memiliki keunikan tersendiri yang selalu bikin rindu bagi mereka yang pernah memainkan permainan ini di jaman dulu.

Baca juga: Konsol Atari, Games Jadul Yang Kini Bangkit Kembali

View Master Viewer pertama kali diciptakan oleh William Gruber pada tahun 1939. View-Master Viewer adalah sebuah alat mirip kamera yang dapat menampilkan berbagai foto atau gambar dalam 3 dimensi ketika diteropongkan ke arah sumber cahaya. Alat mainan ini memiliki bagian khusus seperti kamera sebagai tempat melihat gambar dan pada bagian samping kanan terdapat tuas yang digunakan untuk memutar view-master reel sehingga gambar dapat berganti-ganti. Sedangkan cakram berisi slide yang dimasukkan kedalam alat untuk bisa menghasilkan gambar disebut view-master atau view-master reel.

 

Lalu, bagaimana cara memainkannya? View-master reel atau cakram slide yang berisi gambar tersebut dimasukkan dalam slot khusus pada view-master viewer, kemudian alat tersebut kamu arahkan ke sumber cahaya maka gambar akan terlihat dan bisa kamu lihat melalui bagian yang berbentuk teropong. Harus ada cahaya untuk bisa melihat gambar tersebut karena jika gelap maka view-master viewer tidak akan bekerja. Cakram slide terdiri dari berbagai macam gambar dan untuk bisa melihat gambar lain kamu tinggal menekan tuas pada bagian sisi view-master viewer tersebut.

 

Mainan view-master viewer tak hanya memiliki satu bentuk saja, banyak bentuk-bentuk lucu yang juga eksis saat itu selain bentuk seperti teropong. Namun sayangnya mainan unik ini sekarang sudah tidak ditemukan lagi, semakin bertambahnya zaman mainan view-master viewer pun keberadaannya sudah tergeser dan tergantikan dengan mainan yang lebih canggih.

Baca juga: Gimbot, Game Portable Paling Diburu di Zaman SD

Saat ini mainan view-master viewer mungkin sudah sangat sedikit sekali peminatnya, tetapi bagi mereka yang pernah memainkan mainan ini masih menjadi sebuah barang antik yang wajib diburu dan didapatkan untuk sekedar koleksi. Apalagi dalam perkembangannya view-master viewer juga pernah beberapa kali berganti seri dan jenis serta perkembangannya juga cukup signifikan, seperti misalnya bentuknya yang sudah tidak seperti teropong saja, warnanya juga bermacam-macam dan yang paling penting adalah tidak harus dilihat di depan sumber cahaya supaya gambar bisa terlihat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here