Voltus V

Chodenji Machine Voltes V atau biasa dikenal dengan Voltus V atau Voltus Lima merupakan serial kartun yang berasal dari Jepang. Serial kartun ini pertama kali populer di Indonesia pada awal tahun 1980-an. Dahulu, untuk bisa menyaksikan Voltus V dibutuhkan biaya yang mahal. Pasalnya serial Voltus V tidak ditayangkan di televisi, melainkan harus menggunakan video kaset L500 Betamax. Dimana pada tahun 1980-an hanya sebagian kecil saja yang memiliki video player.

Voltus V pertama kali diputar di Jepang pada tahun 1977 dengan total 40 episode. Sosok penting dibalik karya Voltus V adalah Tadao Nagahama, yang juga merupakan pencipta serial-serial televisi ternama di Jepang. Serial Voltus V ini merupakan serial lanjutan dari serial sebelumnya yakni Chodenji Robo Combattler V.

Serial Voltus V ini menceritakan tentang keberanian lima anak muda untuk melawan alien dari planet Bonzania yang dipimpin oleh Prince Heinell. Kelima anak muda tersebut masing-masing memiliki pesawat, yang nantinya dapat digabungkan menjadi satu dan membentuk sebuah robot besar yang dikenal sebagai Voltus V. Saat ingin menggabungkan pesawatnya, kelima anak muda tersebut lebih dahulu berteriak bersama dengan mengatakan “Let’s Volt In.”

Voltus V
Voltus V

Tiga dari lima anak muda pemberani tersebut merupakan anak dari Dr.Gou dan Dr. Mitsuyo yakni Gou kenichi, Gou Daijirou, dan Gou Hiyoshi. Dr.Gou adalah salah satu pangeran yang berasal dari Planet Bonzania, yang lebih memilih melarikan diri ke Bumi karena tidak ingin dijadikan budak di planetnya. Dr.Gou pun menikah dengan wanita bumi bernama Dr.Mitsuyo. Bersama dengan ketiga anak Dr.Gou, turut serta anak dari Commander Oka yaitu Oka Megumi. Demi melengkapi kekuatan Voltus V, Mine Ippei yang merupakan juara dunia rodeo bergabung bersama untuk melengkapi kekuatan Voltus V.

Robot Voltus V memiliki beberapa senjata andalan, antara lain Voltes Bazooka (basoka), Choudenji String (cambuk panjang), Gatling Missile, Choudenji Goma (gangsing), Arm Gum, Choudenji Beam (tembakan dari dada), Grand Fire (semburan api), Chain Knuckle (rantai), Choudenji Ball (bola elektromagnetik), Choudenji Wave (tembakan gelombang),  dan yang paling terpenting adalah senjata berupa pedang yang bernama Tenkuu Ken, yang bisa membuat semua musuh kalah dalam sekejap.

Gou Kenichi merupakan pimpinan dari Voltus V dengan senjata andalannya berupa pistol laser dan berseragam merah. Kenichi berada dipusat robot Voltus V, yakni kepala. Oka Megumi yang juga menjadi wanita satu-satunya di pasukan Voltus V ini berperan sebagai pilot dari Volt Lander yang menjadi telapak kaki pada robot Voltus V. Oka Megumi memiliki seragam berwarna kuning pink, dan memiliki senjata andalan berupa senjata khas ninja.

Sementara posisi badan dari robot Voltus V diisi oleh Gou Daijirou dengan seragam hijau tua, dan bersenjatakan tongkat panjang. Yang menjadi pusat kekuatan tangan pada barisan Volt Bomber adalah Mine Ippei. Berseragam biru dan bersenjatakan cambuk. Yang terakhir adalah si bontot Gou Hiyoshi. Ia bertugas mengendalikan Volt Frigate yang merupakan bagian tungkai pada robot Voltus V. Meski menjadi anggota yang paling muda, Hiyoshi memiliki kemampuan elektronika yang luar biasa. Bahkan ia mampu membuat robot kecil yang selalu menemaninya kemana saja, dan diberi nama Takko.

Keseruan dari serial Voltus V ini menjadi kebutuhan bagi pecinta kartun, khususnya kartun Jepang. Meski membutuhkan perjuangan yang tidak murah, bagi generai 80-an menjadi kebanggan tersendiri bisa menyaksikan serial Voltus V melalui video player. Gimana jadi ingat lagi sama kartun dan keseruan dari Voltus V ini ga?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here