Perempuan Indonesia terkenal dengan keindahan rambutnya yang berwarna hitam legam dan berkilau, juga kulit cokelat khas perempuan cantik Indonesia. Sejak zaman dahulu, para perempuan juga sudah suka merawat kecantikan kulit dan rambut, khususnya rambut yang dijadikan sebagai mahkota setiap perempuan.

Baca Juga : Suka Makan Pedas? Ternyata Sambal Punya Manfaat Bagi Kesehatan lho!

Masyarakat Indonesia terkenal dengan sejumlah beauty treatment yang natural. Tidak hanya untuk kulit saja, ternyata Indonesia juga memilki natural treatment untuk rambut. Salah satunya adalah dengan menggunakan Minyak Urang Aring. Urang aring atau yang memiliki nama ilmiah eclipta alba ini merupakan salah satu tanaman yang sejak lama sudah digunakan untuk merawat kesehatan rambut.

 

Sejak zaman dahulu kala, Minyak Urang Aring sudah dijual dalam kemasan botol berwarna hijau dengan bentuk botol yang bergelombang dan terdapat gambar seorang perempuan di kemasannya. Sebenarnya apa saja sih manfaat yang diberikan dari penggunaan urang aring pada rambut? Ini dia beberapa manfaatnya, kamu wajib tahu!

  1. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut.

Dilansir dari laman Read and Diggest, urang aring mampu menstimulasi dan mempercepat proses pertumbuhan rambut. Hal ini di karenakan urang aring mengandung antithepatotoxin yang bernama wedelolactone dan desmethylwedelolactone. Kedua senyawa tersebut akan merevitalisasi sel-sel rambut dan kulit kepala.

  1. Mencegah Uban Rambut.

Manfaat lain minyak urang aring yang cukup membahagiakan adalah urang aring juga dapat mencegah tumbuhnya uban. Uban merupakan rambut putih saat seseorang sudah memasuki usia tua. Meski begitu, uban juga dapat muncul lantaran rambut kekurangan asupan nutrisi. Kandungan nutrisi pada minyak urang aring inilah yang dapat menjaga rambut tetap berwarna hitam.

  1. Mencegah Rambut Kering.

Rambut yang kering bisa membuat kamu kesusahan untuk mengaturnya. Bukan hanya itu saja, rambut yang kering juga memicu sejumlah masalah lain seperti rambut yang rapuh dan mudah patah. Penggunaan minyak urang aring ternyata dapat mengunci kelembapan pada kulit kepala dan batang rambut. Maka jangan heran jika rambut akan terasa lebih halus dan kuat.

  1. Membasmi Ketombe.

Ketombe adalah beberapa sel kulit kepala yang mati disebabkan sistem keratinisasi yang tidak prima. Ketombe akan mengakibatkan rasa gatal di kepala. Untuk mencegah datangnya ketombe di kepala, kamu dapat memakai minyak urang aring sebagai obat pembasmi ketombe yang alami. Bisa digunakan setiap sebelum keramas ya!

  1. Membuat Rambut Lebih Hitam Berkilau.

Selain untuk menghitamkan serta menyuburkan rambut, minyak urang aring juga bermanfaat untuk melindungi kilau alami rambut. Bila rambutmu sekarang ini tampak kusam, kamu dapat kembalikan kilau rambut hanya dengan memakai minyak urang aring yang mampu membuat rambut lebih hitam berkilau.

Minyak urang aring saat ini memang terbilang cukup susah untuk ditemukan. Namun, sejumlah brand perawatan rambut sudah menggunakan ekstrak urang aring ke dalam produknya. Tidak heran jika sejumlah shampoo di Indonesia juga memiliki varian shampoo urang aring.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here