Solo, merupakan sebuah daerah yang terletak di Jawa Tengah, yang ternyata memiliki segudang sajian kuliner yang lezat. Salah satunya adalah Warung Soto Gading Solo milik Siswo Martono. Warung makannya ini menjadi sorotan dan ramai pengunjung, mulai dari masyarakat sekitar hingga menjadi langganan para pejabat Indonesia.

Baca Juga : Populer Sebagai Bakpao Sepeda, Inilah Salah Satu Kuliner Tertua

Warung Soto Gading Solo ini dimiliki oleh Siswo Martono yang sudah berjualan soto sejak tahun 1974. Dahulu, Siswo hanya mendagangkan jualannya dengan cara berkeliling. Namun seiring berjalannya waktu, warung sotonya pun mulai mengontrak disebuah lahan miliki orang.

Meski tampilannya cukup sederhana dan tergolong tidak exclusive, Warung Soto Gading Solo miliknya tetap mendapat nilai tambah dari para pelanggan karena cita rasanya yang tidak berubah sejak pertama kali berjualan.

Warung Soto Gading Solo (Foto: @nonarakus)

Baca Juga:Asal Usul Angkringan, Tempat Makan Sederhana Dengan Menu Nasi Kucing

Terletak di Jalan Brigjen Sudiarto No. 57, Warung Soto Gading Solo milik Siswo ini sudah membuka tiga cabang diberbagai tempat. Tentunya dengan resep yang sama dan rasa yang sama dari Siswo selaku pemilik warung soto gading. Meski sudah memiliki tiga cabang, Siswo tidak ingin merubah tatanan bangunan atau melakukan perubahan demi menjaga keaslian dan menjadi tempat makan sederhana yang di kunjungi para pejabat.

Sebut saja Presiden Jokowi, Mantan Presiden SBY, Mantan Presiden Megawati, hingga Mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang sudah mencicipi Warung Soto Gading Solo sejak dirinya belum menjabat sebagai Presiden Indonesia.

Pada umumnya, kuah soto akan berwarna kuning dengan kuah yang cukup kental. Namun tidak dengan Warung Soto Gading Solo milik Siswo ini. Kuah yang disajikan dari warung makannya ini tidak berwarna kuning, melainkan bening. Meski tidak berwarna kuning, kuah yang dihasilkan dari Soto Gading ini tetap kental dan lezat untuk dinikmati.

Hal ini juga dibuktikan dengan ramainya para pejabat dan petinggi pemerintahan yang mampir dan menjadikan Warung Soto Gading Solo ini menjadi salah satu tempat makan favorit saat berada di Solo, Jawa Tengah.

Sebagai teman pelengkap untuk menyantap soto, Warung Soto Gading Solo juga menyediakan berbagai pilihan menu lainnya seperti tempe, tahu, empal, perkedel, sate uritan, aneka jeroan, dan lainnya. Rasa gurih dari kuah soto bening ditambah pelengkap lauk-pauk yang tersaji sudah otomatis menampah kelezatan dan kenikmatan saat bersantap santai di Warung Soto Gading Solo.

Siswo Martono selaku pemilik dari Warung Soto Gading Solo pun tidak mematok harga yang mahal untuk satu porsi soto ayamnya. Cukup dengan mengeluarkan uang sekitar Rp10,000 Anda sudah dapat mencicipi soto ayam khas milik Warung Soto Gading Solo. Jam operasional Warung Soto Gading Solo mulai dari pukul 05:30 dan tutup pukul 15:30. Tertarik untuk mampir?

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here