Memasuki usia 40 tahun memang dianjurkan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, karena seiring bertambahnya usia sistem pencernaan mulai bereaksi pada makanan-makanan yang Anda konsumsi. Meski beberapa orang yang sudah berusia 40 tahun tidak merasakan reaksi aneh setelah makan makanan tertentu, tidak ada salahnya Anda mulai memperhatikan makanan yang dikonsumsi ketika sudah memasuki usia 40 tahun agar tubuh selalu terjaga kesehatannya menjelang usia paruh baya.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang semestinya harus Anda lupakan karena harus dihindari ketika sudah memasuki usia 40 tahun. Apa saja makanan-makanan tersebut?;

  1. Karbohidrat. Kurangi intensitas makan makanan karbohidrat, karena makanan karbohidrat akan membuat gula darah naik sehingga Anda cepat merasa lapar dan lelah. Umumnya makanan karbohidrat termasuk makanan yang cepat dicerna.
  2. Produk Susu Berlemak. Susu memang baik bagi kesehatan tulang karena susu merupakan sumber kalsium terbaik yang dibutuhkan tubuh dan tulang. Tetapi produk susu bisa jadi bahaya untuk usia 40 tahun tepatnya produk susu yang mengandung lemak. Lemakjenuh pada susu bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang dapat mengakibatkan penyakit jantung, peradangan kronis, dan penuaan sel-sel. Lebih baik pilihlah produk susu tanpa lemak.
  3. Garam. Garam mengandung sodium yang bisa merusak keseimbangan kalsium atau menghilangkan kalsium dari jaringan tulang sehingga menyebabkan osteoporosis. Sodium juga bisa memicu naiknya tekanan darah dan berujung pada penyakit jantung. Sodium dapat menyebabkan kembung, mata sembap, dan mendehidrasi kulit, yang membuat wajah terlihat lebih tua.
  4. Margarin. Margarin mengandung lemak dan pembuatannya melalui proses kimia yang disebuthydrogenation. Proses ini membuat margarin padat dan menimbulkan lemak trans yang tidak baik buat kesehatan di usia 40 tahun.
  5. Kopi. Kopi sebenarnya adalah minuman yang kaya akan antioksidan dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun hal ini menjadi berbeda ketika Anda sudah memasuki usia 40 tahun, karena pada usia tersebut seseorang rentan mengalami masa menopause. Kafein tentunya tidak baik dikonsumsi jika Anda sudah memasuki masa menopause.
  6. Putih Telur. Putih telurmengandung sejumlah nutrisi esensial, namun kandungan nutrisi yang terdapat pada kuning telur ternyata jauh lebih sehat dan berkhasiat dalam menjaga kesehatan otak dan menjaga kadar darah di dalam tubuh agar tetap stabil. Ini disebabkan karena makanan tersebut mengandung vitamin B-12, D, A, E, dan K, serta asam lemak omega-3.
  7. Alkohol. Tentunya mengkonsumsi alkohol di usia 40 tahun bukanlah pilihan yang baik. Jika Anda mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, hal tersebut justru akan memicu sejumlah permasalahan kesehatan seperti kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang harus Anda tinggalkan di usia 40 tahun, dan seharusnya Anda sudah menjalani pola gaya hidup sehat agar di masa mendatang tubuh Anda selalu sehat dan bugar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here