Semua orang pasti pernah marah, karena marah merupakan hal yang wajar asalkan tidak berlebihan. Saat sedang marah, tubuh melepaskan hormon-hormon yang tidak baik dan bisa membuat tubuh terutama jantung menjadi tidak sehat apabila terlalu sering merasakan marah.

Baca Juga : Sering Sakit Punggung Karena Terlalu Lama Duduk? Lakukan Tips Sederhana Berikut Ini!

Secara psikologis dan medis ketika seseorang sedang marah detak jantung akan berdetak lebih cepat, dan memaksa jantung memompa darah lebih banyak sehingga bisa mengakibatkan tingginya tekanan darah. Bahkan yang lebih menyeramkan lagi adalah marah dapat mempersingkat umur seseorang. Duh…. Seram sekali ya!

Khusus untuk pembaca setia kabarsidia.com, kali ini perlu kamu simak 6 cara praktis menghilangkan marah yang bisa dicoba agar kamu tak selalu di selimuti oleh rasa amarah;

  1. Jangan Pernah Mengatakan Apapun Saat Kamu Marah.

Ketika marah sebaiknya kita harus tetap diam. Karena ketika seseorang berbicara saat sedang marah akan memperburuk situasi dan bisa saja melukai perasaan orang-orang dengan omongan atau perkataan yang dikeluarkan saat seseorang sedang marah. Tetaplah diam dan biarkan rasa marah hilang dari diri kita.

  1. Acuhkan Orang-orang yang Berusaha Membuat Kita Marah.

Hal menyebalkan adalah saat kamu sedang marah ada saja orang yang memiliki niat jahat dengan bertingkah atau berkata yang bisa membuat kamu semakin marah apabila kamu menanggapi provokasi-provakasi mereka. Lebih baik acuhkan saja orang-orang yang berniat membuat kamu menjadi semakin marah.

  1. Gunakan Alasan Untuk Menghentikan Kemarahan.

Ketika kita marah, katakan kepada diri sendiri “kemarahan ini tidak akan membantu saya dengan cara apapun. Kemarahan ini akan membuat situasi lebih buruk.” Bahkan jika sebagian dari kita masih marah, suara batin kita akan membantu kita untuk menjauhkan diri dari emosi kemarahan.

  1. Nilai Perdamaian Jauh Lebih Tinggi Dibanding Rasa Marah.

Jika kita menghargai ketenangan pikiran sebagai harta yang paling penting, kita tentu saja tidak akan membiarkan kemarahan tetap ada dalam sistem diri kita. Seperti yang pernah dikatakan oleh master spiritual India, Sri Chinmoy “Anda mungkin punya hak untuk marah dengan seseorang, tetapi anda tahu bahwa dengan marah kepadanya anda hanya akan kehilangan kedamaian pikiran anda yang berharga ..”

  1. Tarik Napas Dalam-dalam.

Tindakan sederhana dengan menarik nafas dalam-dalam akan sangat membantu kamu dalam menghilangkan kemarahan.

  1. Tersenyum.

Ketika kita tersenyum kita meredakan banyak situasi negatif, dalam pikiran maupun dalam tindakan. Tersenyum adalah cara menawarkan niat baik kepada orang lain. Tersenyum tidak memerlukan biaya apa-apa, selain efektif dapat meredakan situasi tegang senyum juga bisa membuatmu merasa jauh lebih baik meskipun keadaan sedang tidak baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here