Putih, kecil, renyah, dan sangat mudah di dapat, yup! Tauge. Beberapa dari orang mungkin tidak suka dengan sayuran tauge, tapi beberapa lainnya sangat mengidamkan tauge sebagai lauk makan pendamping nasi. Selain dijadikan sebagai lauk, sajian dengan bahan dasar tauge banyak ditemukan di Indonesia, seperti toge goreng, dan sebagai campuran bakwan.

Selain rasanya yang lezat, tauge juga sangat mudah di olah, mudah pula di temukan di pedagang sayur. Tidak perlu repot untuk membuat satu porsi sayur tauge. Ternyata, tauge diperkaya dengan sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena tauge adalah sumber protein nabati dan sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit.

Dan tahukah kamu? Ketika kamu mengkonsumsi tauge, beberapa hal baik ini akan terjadi pada tubuhmu lho! Apa saja?

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut.

Tauge memang di perkaya dengan limpahan kandungan vitamin C, yang mana vitamin C adalah zat yang dapat membantu menghancurkan radikal bebas, sehingga menghambat kerontokan rambut dan memaksimalkan pertumbuhan rambut baru.

  1. Melancarkan Peredaran Darah.

Jika kamu rajin mengonsumsi tauge, yang terjadi dalam tubuhmu adalah meningkatnya produktivitas sel darah, hal ini dapat membuat peredaran darah menjadi lancar ke seluruh tubuh. Tidak hanya hal baik yang terjadi di dalam darah, hal baik pun terjadi pada otak karena tauge mampu memaksimalkan fungsi otak.

  1. Mengontrol Kadar Hormon.

Tauge dapat membantu mengobati ketidakseimbangan hormon yang merupakan penyebab utama kerontokan rambut pada perempuan. Selain itu, tauge juga bermanfaat untuk mengobati penyakit ginekomastia, yaitu penyakit pembesaran jaringan kelenjar payudara yang terjadi pada pria.

  1. Menjaga Keelastisan Kulit.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit sehat dan awet muda? tentunya semua orang ingin, terutama para perempuan. Dengan rajin mengonsumsi tauge kulit akan terasa lebih halus, elastis, dan tentu saja jadi terlihat awet muda. Hal ini terjadi karena tauge mampu membunuh radikal bebas dan mencegah penyakit seperti kanker kulit.

  1. Menjaga Tulang Dalam Tubuh.

Menyisipkan tauge dalam menu makanan sehari-hari dapat membantu menjaga otot, menguatkan tulang, dan gigi, serta mencegah tubuh dari beragam penyakit tulang seperti radang sendi dan osteoporosis karena tauge terkenal dengan kandungan protein yang melimpah.

  1. Tinggi Akan Serat.

Tidak hanya kaya akan protein, tauge juga memiliki kandungan serat yang berlimpah dan berguna untuk membantu membuat perut tetap kenyang lebih lama, juga dapat melancarkan sistem pencernaan dan yang luar biasa lagi dapat membantumu dalam menurunkan berat badan lho!

  1. Sumber Mineral.

Tauge mempunya kandungan mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan seng yang berguna untuk memaksimalkan proses penyebaran oksigen oleh darah ke seluruh tubuh.

Menyangka tidak kalau si kecil tauge ini mampu memberikan tubuhmu manfaat yang sangat luar biasa seperti itu? Jangan lupa untuk sediakan satu mangkuk tauge di dalam menu makanan sehari-harimu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here