Daun Kemangi sudah ada sejak puluhan atau bahkan ratusan tahun silam, bahkan daun kemangi disebut-sebut sebagai salah satu tanaman paling tua yang dikenal manusia. Dalam keseharian, biasanya daun kemangi banyak digunakan sebagai sajian di berbagai masakan khas Indonesia. Selain untuk meningkatkan cita rasa dari makanan, daun kemangi juga mampu membuat aroma makanan menjadi lebih harum dan menggoda selera.

Baca Juga: Wajib Dicoba! 4 Resep Smoothies Sehat dan Sederhana yang Mudah Dibuat

Bukan hanya enak dikonsumsi sebagai lalapan dengan sambal dan tempe goreng, daun kemangi juga memiliki manfaat bagi tubuh yang tak banyak diketahui oleh orang. Mulai dari manfaat untuk kulit sampai sistem pencernaan lho! Beberapa manfaat baik bisa didapatkan dari tanaman daun yang memiliki harum khas dan rasanya yang agak sedikit pedas.

  1. Mampu Menjaga Sistem Pencernaan.

Menurut buku, ‘Healing Foods’ oleh DK Publishing, kemangi dapat memfasilitasi pencernaan yang optimal, dengan adanya kandungan eugenol sebagai anti-inflamasi di saluran pencernaan. Daun kemangi bisa membentengi sistem pencernaan dan saraf, selain itu daun kemangi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk sakit kepala dan insomnia. Secara umum, kemangi dapat menjaga keseimbangan asam dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh ke level yang tepat.

  1. Sebagai Anti-inflamasi.

Minyak esensial kuat yang terkandung dalam daun kemangi, eugenol, sitronelol dan linalool, diketahui dapat membantu menurunkan peradangan melalui adanya sifat sifat penghambat enzim yang dimiliki. Sifat anti-peradangan dari daun kemangi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis dan kondisi inflamasi usus. Mengonsumsi daun kemangi juga bisa meredakan demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, batuk, dan flu.

  1. Membuat Kulit Lebih Bersih.

Tahukah kamu? Bahwa kandungan minyak pada daun kemangi bisa membantu membersihkan kulit dari dalam. Daun kemangi bisa digunakan sebagai pembersih dan sangat cocok bagi jenis kulit yang berminyak. Caranya mudah, hancurkan daun kemangi hingga berbentuk pasta, lalu campurkan dengan air mawar dan oleskan pada wajah secara merata dan biarkan menyerap sempurna pada kulit wajah selama 20 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin sampai bersih. Sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang kuat dari daun kemangi akan membantu mencegah timbulnya jerawat.

  1. Memperlambat Pelepasan Gula dalam Tubuh.

Untuk penderita diabetes alias penyakit gula, mengonsumsi daun kemangi dipercaya dapat menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Minyak esensial yang ada pada daun kemangi bisa membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko terjadinya penyakit diabetes.

  1. Mengatasi Penyakit di Sekitar Perut.

Minyak atsiri esensial dari daun kemangi telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam masalah perut. Mengkonsumsi daun kemangi diketahui dapat membantu mengurangi perut kembung dan retensi air, menstimulasi hilangnya nafsu makan hingga bisa menyembuhkan refluks asam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here