25 Desember merupakan tanggal dan hari special bagi umat Nasrani. Pasalnya umat Nasrani di seluruh dunia akan merayakan hari besar mereka, yaitu Natal. Pada perayaan Natal biasanya identik dengan pohon cemara yang dihiasi oleh pernak pernik khas natal. Tidak hanya itu saja, biasanya Natal juga akan bertambah meriah saat dihadirkannya beragam hadiah dan kado special yang sudah disiapkan.

Perayaan Natal di beberapa Negara umumnya memiliki perbedaan dan ciri khasnya masing-masing. Secara global, setiap perayaan Natal akan diadakan di sebuah gereja dengan berdoa. Setelah melakukan doa di tempat ibadah, biasanya umat Nasrani akan kumpul bersama keluarga dan melaksanakan rangkaian makan bersama hingga bertukar kado.

Keunikan dari perayaan Natal di 5 negara dibawah ini mungkin akan membuat Anda sedikit terkejut. Pasalnya, kegiatan warga di Negara ini tergolong unik dan beda dari biasanya. Lalu Negara mana sajakah yang memiliki tradisi Natal yang unik? Nah, langsung aja deh kepoin tulisan dibawah ini.

  1. Venezuela

Negara pertama yang tergolong unik saat merayakan Natal jatuh kepada Venezuela. Para penduduk di Negara cantik ini, khususnya penduduk yang tinggal di Kota Caracas menggunakan sepatu roda untuk melakukan kegiatan. Sepatu roda ini mereka gunakan untuk beraktivitas sehari-hari, dari rumah menuju gereja. Tradisi unik ini pun membuat Pemerintah Venezuela menutup lalu lintas kota untuk memastikan warganya dapat dengan aman bepergian dengan sepatu roda.

  1. Jepang

Mungkin sudah banyak yang mengetahui tradisi Natal di Negari Sakura ini. Yap..tradisi makan ayam KFC setiap hari Natal merupakan tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat Jepang loh. Meski mayoritas penduduk Jepang beragama Shinto, tetapi jangan salah loh ternyata setiap perayaan Natal ini seluruh gerai KFC akan dipadati oleh penduduk Jepang.

Tradisi makan ayam KFC pada hari Natal ini berawal pada tahun 1947, saat itu KFC mengeluarkan iklan dengan tagline “Kentucky for Christmas!”. Tujuan awal dari pembuatan iklan tersebut sebenarnya hanya untuk para wisatawan saja, namun tanpa disangka iklan ini justru menarik perhatian penduduk Jepang yang langsung memadati setiap gerai KFC di Jepang.

  1. Rusia dan Ukraina

Perayaan Natal sudah sangat melekat dengan tanggal 25 Desember, namun bagaimana jadinya jika perayaan Natal ini bukan dirayakan pada tanggal 25 Desember? Rusia dan Ukraina adalah dua Negara yang berbeda dari Negara kebanyakan. Kedua Negara ini meryakan Natal setiap tanggal 7 Januari loh.

Perayaan Natal tanggal 7 Januari ini dikarenakan kebanyakan gereja Orthodox di Rusia dan Ukraina masih menggunakan kalender ‘julian’. Umat nasrani di Rusia juga menjalankan puasa selama 39 hari hingga tanggal 6 Januari. Wah memang ya Rusia dan Ukraina lain dari pada yang lain.

  1. India

Jika di sebagian besar Negara yang merayakan natal menggunakan pohon cemara sebagai simbol natal. Maka Negara India menggunakan pohon pisang sebagai pohon natal mereka. Meski menggunakan pohon pisang, masyarakat India tetap menghias pohon pisang tersebut dengan pernak pernik khas natal loh.

  1. Hongkong

Bagi masyarakat Hongkong khususnya wanita, hari Natal merupakan hari yang paling dinantikan. Di Hongkong, para penduduk yang merayakan natal akan diberikan 2 hari libur oleh pemerintah Hongkong. Dimana salah satunya merupakan Boxing Days yang jatuh pada 26 Desember. Boxing Days merupakan sebuah tradisi penduduk Hongkong, dimana seluruh toko di Hongkong memberikan diskon besar-besaran. Menarik bukan?

Meski memiliki banyak tradisi yang berbeda, perayaan Natal haruslah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Dari kelima keunikan perayaan dan tradisi Natal diatas, Negara manakah yang menurut Anda unik dan patut di coba untuk merayakan Natal disana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here