Siapa yang menyangka kalau kebiasaan minum kopi justru malah bisa memperpanjang umur. Biasanya kopi diidentikan dengan berbagai macam penyakit yang bisa datang karena terlalu sering minum kopi. Para pecinta kopi tentunya senang mendengarnya. Hanya dengan rutin minum kopi bisa memperpanjang umur, kok bisa ya?

Saat ini, kopi bukan lagi menjadi hal yang menyeramkan, takut terkena serangan jantung atau tangan bergetar setelah minum kopi (tremor), jadi tidak bisa tidur, atau bahkan lambat laun tubuh akan terkena penyakit karena sering minum kopi. Tetapi sekarang, ada sebuah penelitian yang dipublikasi JAMA Internal Medicine mengungkapkan minum kopi berkaitan dengan risiko lebih rendah alami kematian dini. Penemuan ini dibenarkan oleh pemimpin penelitian, Dr. Erikka Loftfield.

Menurut Dr. Erikka Loftfield yang menjadi bagian tim peneliti National Cancer Institute, mereka mengamati adanya hubungan berlawanan antara minum kopi dengan kematian, termasuk pada kalangan partisipan yang suka minum kopi setidaknya 1 cangkir kopi perhari hingga 8 cangkir atau lebih. Termasuk juga mereka yang suka minum kopi saring, kopi instan, maupun kopi tanpa kafein.

Para peneliti juga mengamati data studi UK Biobank, dimana sekelompok besar orang dewasa Inggris mengisi kuesioner kesehatan. Mereka juga sudah menjalani pemeriksaan fisik dan memberikan sampel biologis. Jumlah informasi yang dianalisis berasal dari 500.000 partisipan yang menjawab soal konsumsi kopi mereka, kebiasaan merokok dan minum alkohol, sejarah kesehatan dan banyak lainnya. Selama 10 tahun sejak studi berlangsung, ada sekitar 14.200 partisipan meninggal dunia.

Peneliti menemukan kaitan manfaat panjang umur dengan jenis kopi yang di konsumsi oleh partisipan. Berkurangnya risiko kematian tergantung pada bagaimana seseorang mengkonsumsi kopi. Apakah kopinya mengandung kafein atau kopi yang berasal dari kemasan instan dan juga kopi giling. Dapat disimpulkan bahwa seseorang yang suka minum kopi setiap harinya mengalami penurunan risiko kematian dini hingga 8 persen, dibandingkan dengan seseorang yang tidak suka minum kopi.

Namun ada satu hal lagi yang perlu diingat, menurut Dr. Errika Loftfield untuk lebih memahami kaitan konsumsi kopi dengan memperpanjang umur perlu dilakukan penelitian lain yang memberikan lebih banyak fakta bahwa minum kopi bisa dijadikan sebagai gaya pola hidup sehat dan bisa memberikan sensasi rileksasi bagi seseorang yang suka menyesap rasa dan aroma kopi setiap harinya. Sensasi rileksasi yang didapatkan dari kopi bisa membuat seseorang menjadi rentan terkena stress.

Meski begitu Anda jangan terlena sehingga mengkonsumsi kopi terlalu banyak, karena sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan menghasilkan hal baik. Jadi, minum lah kopi dalam jumlah cukup dan terbatas sesuai dengan kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here