Ketika pertama kali hadir di Indonesia, Yamaha membawa model sepeda motor bebek yang diimpor atau CBU dari Jepang pada tahun 1973.

Sepeda motor tersebut adalah Yamaha V50. Kini keberadaan kendaraan tersebut masih diburu oleh para kolektor otomotif. Apalagi V50 merupakan sepeda motor pertama yang penuh dengan nilai-nilai historis.

Bisa dibilang juga, Yamaha V50 merupakan awal dari kesuksesan Yamaha di kancah pasar Indonesia. Nah, untuk makin mengenalnya, berikut ini potret dan ulasan singkat yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

Sepeda Motor yang Diluncurkan Sebelum Adanya YIMM

Diketahui Yamaha V50 merupakan model CBU dari Jepang yang mengaspal di Indonesia pada tahun 1973.

Menilik hal tersebut, maka sepeda motor ini sudah ada sebelum PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Agen Pemegang Merek (APM) tersebut berdiri di tahun 1974.

Yamaha V Series

V50 merupakan salah satu model dari sepeda motor V series yang diluncurkan di Indonesia. Tipe lainnya adalah V70, V80, dan V90.

Desain Yamaha V50

Jika menengok desain dari V50, sekilas cukup mirip dengan Honda C70. Hal itu bisa dilihat di bagian depan, terutama lampu dan sayap motor.

Dimensi Yamaha V50

Sebagai motor bebek, dimensi dari Yamaha V50 pun tak begitu besar, dengan panjang 1.840 mm, lebar 645 mm, dan tinggi 1.006 mm.

Pakai Mesin 50cc

Yamaha V50 dibekali dengan mesin 2 tak 1 silinder berkapasitas 50cc. Kemudian, dapur pacu tersebut memiliki diameter bore 40 mm dan stroke 39.7 mm. Sistem pembakarannya sendiri menggunakan karburator.

 

 

 

sumber : Otosia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here