Indonesia dikenal dengan keaneka ragaman makanan khas yang menggoda selera, bahkan di setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. Salah satu makanan khas Indonesia yang cukup mengesankan dan mampu membangkitkan selera, adalah Gethuk.

Gethuk merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Gethuk adalah makanan ringan yang bisa dengan mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Umumnya, gethuk memiliki rasa manis dan gurih yang khas, gethuk juga memiliki harum yang enak. Gethuk juga memiliki tekstur yang cukup lembut dengan tampilan berwarna-warni, seperti pink, hijau, putih, coklat, dan kuning.

Aneka Macam Warna Gethuk.

Gethuk merupakan makanan ringan asal Magelang, Jawa Tengah. Saat ini, kota Magelang sendiri dikenal sebagai kota gethuk. Sejarah gethuk berawal pada zaman penjajahan Jepang. Beberapa pendapat menyebutkan jika di zaman itu bahan pangan pokok beras sangat langka. Sehingga penduduk lokal Magelang memanfaatkan singkong atau ketela pohon sebagai makanan pokok pengganti beras.

Baca juga: Mengintip Kisah di Balik Kue Sagon, Jajanan Lawas yang Rasanya Melegenda.

Gethuk yang terbuat dari singkong memiliki makna kesederhanaan. Makanan ringan ini juga mengajarkan kita agar senantiasa mensyukuri apa yang masih kita punya. Makanan ini juga mengajarkan kita semua untuk senantiasa berinovasi dengan berbagai hal sederhana di sekitar kita agar menjadikannya sesuatu yang lebih bermanfaat, menarik dan disukai.

Seiring dengan perkembangan zaman, olahan dan bentuk gethuk pun bermacam-macam. Salah satu gethuk yang paling populer dengan penampilan dan rasa yang lezat adalah gethuk lindri. Jadi jangan heran ketika berkunjung ke Kota Magelang kita akan mudah menjumpai beraneka ragam jenis, warna dan rasa Gethuk, seperti Gethuk Karet, Gethuk Trio, Gethuk Eco, dan lain-lain. Harganya pun juga sangat terjangkau karena tidak lebih dari sepuluh ribu rupiah untuk satu buah gethuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here