Sebelumnya kamu pernah dengar nggak buah yang bernama Ciplukan? Ciplukan adalah sejenis tanaman liar yang juga sering disebut dengan nama Morel Berry, Golden Berry, dam Goose Cape Berry. Buah ini sering kali tumbuh di sekitar kebun, pekarangan rumah, atau bahkan di sela-sela tanaman liar. Mungkin saat ini beberapa dari kamu ada yang lupa

Baca Juga : Jangan Lihat Bentuknya, Ternyata Buah Rambutan Ini Kaya Manfaat Loh..

dengan buah mungil Ciplukan, tapi sekarang buah ciplukan makin naik daun hingga punya nilai jual tinggi di pasaran karena banyak manfaat yang bisa diberikan oleh si buah mungil ini.

Buah ciplukan dikenal karena bentuknya yang unik, dari luarnya terlihat seperti kuntum bunga, namun apabila dikupas dalamnya terdapat daging buah yang halus dan mengkilap berwarna kuning terang. Buah ciplukan memiliki  rasa manis dengan tekstur daging yang agak lunak. Umumnya buah ini banyak dijadikan sebagai buah camilan, buah penghias kue, dan untuk dijadikan selai.

Dalam satu porsi sajian buah ciplukan mengandung banyak kalori, karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin A, zat besi dan fosfor. Karena mengandung banyak khasiat bagi tubuh, berikut diantaranya khasiat lain yang bisa kamu dapatkan dari buah ciplukan:

  1. Mengandung Vitamin K yang Tinggi.

Buah ciplukan adalah buah dengan kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Vitamin K berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan kulit, juga menjaga tekanan darah agar tetap normal. Selain itu, asupan vitamin K yang mencukupi dalam tubuh juga berpotensi untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

  1. Melawan Peradangan.

Dalam buah ciplukan terkandung senyawa withanolides berguna untuk melawan efek peradangan yang mengakibatkan penyakit radang usus dan melawan risiko kanker usus besar.

  1. Kaya Antioksidan.

Antioksidan adalah zat yang dapat melindungi dan memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh akibat efek radikal bebas. Contoh paling umum dari efek radikal bebas yang dapat terjadi adalah penuaan dini dan penyakit kronis seperti kanker. Sebuah penelitian dari University of Bonn di Jerman menemukan bahwa kulit buah ciplukan mengandung jumlah antioksidan hampir tiga kali lipat lebih tinggi daripada buah yang lain.

  1. Meningkatkan Fungsi Mata.

Buah ciplukan memiliki warna daging buah yang kuning, cenderung oranye kalau sudah matang. Ini artinya buah ciplukan mengandung zat lutein, beta karoten, dan karotenoid yang mampu menjaga mata kamu dari bahaya degenerasi makula yang menjadi penyebab utama kebutaan pada orang usia lanjut.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa buah ciplukan mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh karena memiliki kandungan polifenol. Telah diketahui kandungan polifenol adalah senyawa antioksidan yang bekerja menghalangi pelepasan penanda sistem kekebalan tubuh saat terjadi radang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here