Organ pada tubuh yang paling sering digunakan setiap hari adalah otak. Untuk berpikir sampai untuk menerima pesan perintah pada organ tubuh lainnya agar dapat bekerja dengan baik. Ketika kita minum atau makan pun hal itu diperintah oleh otak sehingga kita mengambil tindakan untuk makan ataupun minum.

Agar otak tetap berfungsi dengan baik, kamu harus merawatnya agar tetap sehat dan tidak mudah pikun. Karena seiring bertambahnya usia beberapa organ tubuh juga mengalami penurunan dalam bekerja. Supaya tidak cepat pikun, kabarsidia sudah merangkum 5 latihan yang bisa menjaga agar otak tidak cepat pikun. Yuk lakukan!

  1. Melatih Ingatan.

Banyak-banyaklah melatih ingatan dengan rajin melihat sebuah daftar, seperti daftar belanjaan, daftar nama, daftar pekerjaan yang harus dilakukan, daftar kegiatan harian, dan cobalah untuk mengingatnya. Kalau perlu, buat sendiri daftar panjang mengenai suatu hal dengan kata-kata yang susah. Semakin susah, otak kamu akan semakin terstimulasi.

  1. Dengarkan Musik atau Memainkan Alat Musik.

Salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan setiap hari adalah mendengarkan musik. Hal ini ketika dilakukan bisa menjadi salah satu latihan karena dapat menstimulasi otak. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari cara memainkan instrumen musik, mulai dari gitar, piano, atau drum. Saat mempelajari hal baru, sel-sel saraf otak yang baru akan muncul dan menyimpan semua informasi baru yang sedang kamu pelajari tersebut. Tentu saja, semakin sering melakukan latihan ini akan semakin baik untuk otak dalam mengingat.

  1. Hitung-hitungan di Kepala.

Daripada menghitung menggunakan kalkulator yang ada di ponsel atau mencorat-coret kertas, melakukan hitung-hitungan di dalam kepala adalah salah satu latihan otak untuk mencegah pikun. Pasalnya, untuk mendapatkan jawaban yang benar, menghitung dengan cara membayangkan lebih banyak tantangannya daripada melihat angka-angkanya di depan mata.

  1. Ajarkan Ilmu Baru Pada Orang Lain.

Mempelajari ilmu baru tentunya sangat baik untuk otak agar tidak mudah pikun, tetapi jangan berhenti sampai mempelajari saja. Tuangkan ilmu baru yang kamu miliki dengan mengajarkannya pada orang lain, karena dengan mempelajari ilmu baru dan ajarkan ilmu tersebut ke orang lain akan membuat otak kamu bekerja lebih kuat dalam mengingat. Hal ini baik untuk mencegah otak mengalami pikun lebih cepat.

  1. Ikut Kelas Memasak.

Memasak adalah salah satu aktivitas yang membuatmu menggunakan seluruh indera yang dimiliki. Contohnya, kamu akan menggunakan indera penciuman untuk mencium bau masakan. Lalu menggunakan indera penglihatan untuk memasak, dan menggunakan indera peraba untuk menyentuh bahan masakan. Tidak lupa, kamu juga menggunakan indera pengecap untuk merasakan hasil masakan yang kamu masak. Hal ini merupakan salah satu latihan otak untuk mencegah pikun karena kamu menggunakan bagian otak yang berbeda-beda saat menggunakan masing-masing indera.

Jadi, intinya adalah kamu harus rajin-rajin setiap hari untuk melatih otak bekerja dengan cara rajin mengingat dan melihat segala hal dengan detail agar otak terangsang untuk mengingat dan bekerja lebih giat. Selamat mencoba ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here