Di era modern seperti sekarang ini, siapa sih yang bisa berpisah dari gadget dan dunia digital? Hampir semua kegiatan dilakukan dengan smartphone, mulai dari pekerjaan, pesan makanan, sampai menggunakan jasa transportasi online mengharuskan kamu selalu berpegang erat dengan gadget. Hidup pun akan terasa hampa jika kamu ketinggalan gadget, bahkan kamu lebih memilih putar balik ke rumah untuk mengambilnya baru kemudian melanjutkan aktivitas.

Padahal, jika kamu termasuk tipe orang yang sangat bergantung dengan gadget ada banyak kerugian yang bisa dirasakan tubuh bahkan mental kamu lho! Timbulnya adiksi terhadap gadget bisa membuatmu tidak benar-benar menikmati kehidupan di dunia nyata. Seperti contohnya, kamu tidak benar-benar bisa menikmati berbincang dengan menatap langsung orang yang sedang berbicara, tingkat kepekaan dan fokus bahkan bisa terganggu karena adanya adiksi dan distraksi yang ditimbulkan dari gadget dan dunia digital.

Dalam artikel kali ini, tim kabarsidia.com akan mengurai banyaknya manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh dan mental kalau kamu mulai melakukan Digital Detox!

  1. Terhindar dari Adiksi;

Selayaknya drugs, gadget juga mampu membuatmu kecanduan lho! Maka dari itu kamu harus berhati-hati dan pintar-pintar menggunakan gadget untuk berselancar di dunia digital. Adiksi pada gadget cukup menjadi hal yang berbahaya, dan kamu perlu melakukan detoksifikasi terhadap gadget dan dunia digital jika sudah merasa sangat adiksi atau kecanduan. Kamu pun akan terbebas dari perasaan gelisah dan bad mood kalau gadgetmu rusak atau ketinggalan.

  1. Terhindar dari Depresi dan Stres;

Sering melihat kehidupan yang seolah bahagia di social media juga bisa membuatmu merasa stress dan merasa kehidupanmu tak seindah kehidupan orang-orang yang diunggah di social media. Ini tentu saja bahaya lho bagi kesehatan mental, segala sesuatu yang kelewat batas akan memicu stres atau gangguan pada kejiwaan. Begitu juga dengan penggunaan digital yang berlebihan, dan dengan melakukan digital detox secara rutin, kamu akan merasa jauh lebih rileks.

  1. Memiliki Tidur yang Berkualitas;

Sering kali kita membawa smartphone ke tempat tidur, yang seharusnya tubuh kita segera tidur dan istirahat tapi karena membawa gadget ke tempat tidur kita kembali mengecek gadget. Hal ini dapat memicu kurang tidur atau kualitas tidur jadi berkurang. Dengan detoksifikasi dari dunia digital, maka kamu akan lebih mudah tidur nyenyak, dan mendapatkan tidur yang berkualitas sehingga terbangun di pagi hari dengan kondisi tubuh yang segar.

  1. Terhindar dari Iritasi Mata;

Terlalu lama melihat layar gadget tentu saja dapat memicu iritasi pada mata. Apalagi jika kamu menggunakan gadget untuk menonton dalam waktu yang cukup lama. Salah satu manfaat dari digital detox ini adalah dapat menjaga kesehatan mata.

  1. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Aktif;

Terlalu konsentrasi dengan gadget membuatmu malas bergerak, apalagi berolahraga. Kamu cenderung ingin duduk di tempat nyaman dan mengonsumsi gadget dalam waktu lama, tubuh pun tidak bergerak. Digital detox akan membuat kamu memiliki keinginan bergerak, entah melakukan aktivitas membenahi rumah atau olahraga.

Meskipun dunia digital bisa mempermudah semua kegiatan yang sedang dilakukan, alangkah baiknya kalau kamu membatasi diri dari kecanduan gadget dan dunia digital. Gunakan dengan sebaiknya dan sebutuhnya, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here